SOLOPOS.COM - Ilustrasi kopor haji (JIBI/Solopos/Antara/Mohamad Hamzah)

Haji 2016 dari Gunungkidul belum seluruhnya dapat berangkat bersama.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL  – Sedikitnya 18 calon haji asal Gunungkidul gagal berangkat ke Tanah Suci di tahun ini. Ada dua faktor yang membuat calon jemaah gagal berangkat, yakni masalah kesehatan dan belum dilunasinya uang pembayaran.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Kantor Kementerian Agama Gunungkidul Nur Abadi mengatakan, kuota calon haji sudah di tahun ini ditetapkan sejumlah 219 jemaah dan sudah mulai proses persiapan pemberangkatan. Namun sebelum kuota ini ditetapkan, ada 18 calon haji yang mengalami masalah sehingga tidak bisa diberangkatkan di tahun ini.

“Calon yang gagal berangkat tidak termasuk dalam kuota yang ada untuk saat ini,” katanya kepada wartawan, Selasa (19/7/2016).

Nur Abadi menjelaskan kegagalan pemberangkatan itu terjadi karena para calon ada yang gagal lolos saat tes kesehatan. Namun ada juga, ada calon jemaah yang urung bis berangkat karena masalah administrasi, di mana calon yang bersangkutan belum bisa melunasi biaya penyelenggaraan haji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya