SOLOPOS.COM - Sebanyak 356 calhaj kloter I Embarkasi Adi Soemarmo Solo dilepas oleh Plt. Sekda Provinsi Jateng Djoko Sutrisno di Asrama Haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali, Jumat (21/8/2015). (Muhammad Ismail/JIBI/Solopos)

Haji 2015 mulai berangkat ke Tanah Suci, yakni kloter I dari Embarkasi Solo.

Solopos.com, BOYOLALI – Sebanyak 356 jemaah calon haji (calhaj) kloter (kelompok terbang) pertama Embarkasi Adi Soemarmo Solo diberangkatkan ke Mekah, Jumat (21/8/2015) pagi.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Pemberangkatan calhaj kloter pertama asal Kabupaten Cilacap itu dilepas oleh Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Perintah Provinsi (Pemrov) Jateng, Djoko Sutrisno.

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Adi Soemarmo Solo, Ahmadi, mengatakan jumlah jemaah calhaj di Embarkasi Adi Soemarmo Solo 2015 sebanyak 26.568 calhaj. Perinciannya sebanyak 23.544 calhaj asal Jateng dan 2.462 calhaj asal Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Jumlah total awal calhaj kloter pertama sebanyak 360 orang. Namun, karena ada empat calhaj yang sakit yang berangkat hanya sebanyak 356 calhaj,” ujar Ahmadi saat ditemui wartawan di Asrama Haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali, Jumat.

Dia menjelaskan pemberangkatan 26.568 calhaj itu dilakukan dua gelombang yakni gelombang pertama kloter 1-36 dan gelombang kedua kloter 37-74.

Sementara calhaj termuda tahun ini adalah Ana Fauzul Muna, 18, dari Kabupaten Kudus. Sedangkan calhaj tertua adalah Rohman Wardji Darmo, 95.

“Calhaj kloter pertama akan diberangkatkan mulai pukul 11.05 WIB. Ada sebanyak empat pesawat yang disiapkan Garuda Indonesia untuk memberangkatkan calhaj kloter pertama,” kata dia.

Sementara itu, Djoko Sutrisno, meminta kepada jemaah calhaj untuk menjaga kesehatan. Menurut dia, pesan itu titipan langsung dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

“Suhu di Mekah kalau siang hari sampai 40 derajat Celcius sehingga jemaah calhaj harus perbanyak minum,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya