SOLOPOS.COM - Ilustrasi (ist)

Haji 2015 kini dalam proses pemulangan jemaah haji ke Tanah Air.

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 3.709 anggota jemaah haji se-Soloraya akan mulai dipulangkan dari Madinah ke Tanah Air pada Jumat (23/10/2015) hingga Senin (26/10/2015).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kasubag Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Solo, Gentur Rachma Indriadi, mengatakan anggota jemaah haji asal Soloraya terbagi menjadi 12 kelompok tebang (kloter), yakni kloter 64-75. Saat ini mereka masih berada di Madinah.

Gentur mengatakan seluruh barang bawaan milik anggota jemaah haji juga sudah dikemas dan dirapikan. “Persiapan pemulangan sudah dilakukan saat ini, supaya nanti saat jadwal kepulangan tidak ribet,” kata Gentur, Selasa (20/10/2015).

Gentur mengatakan hingga kini ada sebanyak tiga anggota jemaah haji asal Klaten dan dua anggota jemaah haji asal Sekoharjo yang meninggal dunia di Tanah Suci. Kelima anggota jemaah haji ini meninggal dunia karena sakit dan dimakamkan di Permakaman Sha Raya’a dan Permakaman Baqi.

“Kedatangan kloter pertama atau kloter 64 dari Solo Raya yakni pada Jumat sekitar pukul 10.00 WIB. Pada kloter tersebut selain diisi anggota jemaah haji asal Sukoharjo, juga ada anggota jemaah haji asal Kota Semarang,” jelas dia.

Lebih lanjut, hingga kini ada sebanyak 19.938 anggota jemaah haji dari 56 kloter yang sudah tiba di Tanah Air.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Solo, Muslim Umar, mengatakan saat ini seluruh anggota jemaah haji asal Solo sehat dan bersemangat dalam melaksanakan ibadah.

Selain menjalankan berbagai ibadah, anggota jemaah haji juga melakukan kunjungan di berbagai lokasi bersejarah di Madinah.

“Kami di Madinah menjalankan ibadah arbain, yakni salat wajib 40 waktu dengan berjamaah tanpa henti,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya