SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Haji 2015 mencatatkan meninggal dunianya calon haji asal Kabupaten Pacitan di Madinah.

Madiunpos.com, PACITAN – Suparti Binti Saimin Kromoharjo, 70, calon haji asal Desa Bangunsari, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur meninggal dunia saat menjalankan prosesi ibadah pada musim haji 2015 di Madinah, Arab Saudi, Senin (24/8/2015), pukul 13.59 waktu setempat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Suparti adalah satu dari 260 calon haji asal Kabupaten Pacitan yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) IV Surabaya. Suparti bersama rombongan tiba di Madinah, Senin sekitar pukul 03.05 waktu Saudi Arabia (WAS), setelah terbang dari Tanah Air dengan menumpang pesawat Saudi Airlines bernomor penerbangan SV 5707.

Laporan medis menyebutkan, Suparti meninggal dunia akibat serangan jantung di Hotel Mawwadah Safwa, Madinah. Berdasarkan catatan hasil pemeriksaan dokter, perempuan berusia 70 tahun ini memiliki beberapa riwayat penyakit. Dia menderita penyakit jantung, acute coronary syndrome, diabetes melitus, dan hipertensi.

Menurut saudara korban yang dihubungi melalui saluran media sosial Whatsapp (WA), hingga berita kematian sampai di Tanah Air belum ada kejelasan tentang pemulangan jenazah. “Sementara belum ada info pemulangan. Cuma saat ini jenazah sudah dimandikan dan disalati,” ungkap Wildan.

Sempat diterima informasi sementara, pemulangan jenazah akan dilakukan Panitia Pemberangkatan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya setelah dokumen jenazah komplet. “Surat masih dalam proses untuk pengurusan oleh Tim Pendamping Ibadah Haji (TPIH) Pacitan, dan jika semua selesai dimungkinkan jenasah akan sampai di Kabupaten Pacitan pada Rabu, semua tergantung kondisi mengingat untuk semua dokumen sudah dimasukkan ke Kedutaan Besar Kerajaan Arab Saudi,’’ ungkap Hengkisireng wartawan Radar Pacitan yang berkomunikasi dengan kerabat mendiang calon haji asal Pacitan itu.

Belakangan, Selasa (25/8/2015) siang, diterima pemberitahuan bahwa jenazah Suparti Binti Saimin Kromoharjo dikebumikan di Madinah. Suparti merupakan anggota jemaah haji pertama asal Indonesia yang meninggal di Tanah Suci. Saat ini jemaah haji Indonesia yang sudah tiba di Madinah mencapai 12.991 orang yang tergabung dalam 32 kloter.

26 Tertunda Berangkat
Sementara itu, 26 calon haji asal Kabupaten Pacitan masih terganjal visa sehingga pemberangkatan ditunda mereka terpaksa ditunda. Para calon haji Pacitan yang visa mereka untuk musim haji 2015 ini belum terbit itu, kini masih berada di Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

Menurut Kasi Umrah dan Haji Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pacitan, Siti Aisyah, Senin (24/8/2015), visa calon haji dapat selesai dalam tiga hari. “Dibenarkan calon haji sejumlah 26 masih tertunda pemberangkatannya, diperkirakan visa akan keluar dalam tiga hari kedepan. Calon haji Pacitan yang seharusnya masuk di Kloter IV [Surabaya], nanti akan berangkat bersama dengan Kloter X. Sebenarnya beberapa visa sudah keluar, tapi calon haji ingin mereka berangkat bersama-sama,” terang Siti. (Julian Tondo Wisudo/JIBI/Madiunpos.com)

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya