SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Solopos/dok)

Haji 2015 dipastikan turun. Namun di tiap embarkasi, biaya haji yang diterapkan berbeda-beda.

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah menurunkan biaya penyelenggaraan ibadah haji tahun ini hingga 15,59% menjadi US$2.717 dari yang sebelumnya US$3.219.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan penurunan biaya penyelenggaraan ibadah haji itu diperoleh setelah Kementerian Agama melakukan efisiensi dalam rute penerbangan, transportasi darat, dan lokasi pemondokan jemaah haji di Mekkah.

Ekspedisi Mudik 2024

“Sebelumnya, saya telah menandatangani Perpres No. 64/2015. Berpijak pada Perpres itu Kementerian agama melakukan langkah-langkah efisiensi, dan kami berhasil melakukannya,” katanya di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (27/5/2015).

Presiden Jokowi menuturkan penurunan biaya penyelenggaraan ibadah haji tersebut tidak boleh menurunkan kualitas pelayanan kepada para jamaah. Pemerintah sebagai penyelenggara ibadah haji justru harus memberikan pelayanan lebih baik kepada para calon jamaah haji.

Kementerian Agama telah menetapkan biaya penyelenggaraan ibadah haji yang berbeda di setiap embarkasi di Indonesia. Untuk Embarkasi Aceh dikenai US$2.401, Embarkasi Medan US$2.404, Embarkasi Batam US$2.556, Embarkasi Padang US$2.561, Embarkasi Palembang US$2.623, dan Embarkasi Jakarta US$2.626.

Kemudian Embarkasi Solo US$2.769, Embarkasi Surabaya US$2.801, Embarkasi Banjarmasin US$2.924, Embarkasi Balikpapan US$2.926, Embarkasi Makassar US$3.055, dan Embarkasi Lombok US$2.962.

Biaya penyelenggaraan ibadah haji tersebut meliputi biaya penerbangan, biaya pemondokan di Mekkah, dan biaya hidup. Adapun pembayarannya dapat menggunakan mata uang dolar Amerika Serikat atau rupiah sesuai kurs jual yang berlaku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya