SOLOPOS.COM - Ilustrasi jemaah haji (Dok/JIBI/Antara)

Haji 2015 mulai diberangkatkan ke Tanah Suci. Tapi ada visa calhaj yang belum keluar.

Solopos.com, SOLO – Sejumlah 500 orang dari 26.568 jemaah calon haji (calhaj) asal Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) belum menerima visa. Akibatnya, keberangkatan mereka ke Tanah Suci tertunda.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Adi Soemarmo, Solo, Ahmadi, mengatakan 68 jemaah calhaj dari kloter I, II, dan III tertunda pemberangkatannya hingga Sabtu (22/8/2015).

“Visa itu belum diterima calhaj karena terjadi permasalahan sistem di Arab Saudi. Permasalahan itu tidak hanya terjadi di Embarkasi Solo tetapi juga di seluruh Embarkasi di Indonesia,” ujar Ahmadi saat ditemui wartawan di Asrama Haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali, Jumat (21/8/2015).

Dia mengatakan sebanyak 68 calhaj itu visanya baru jadi pada besok hari dan berangkat dengan kloter IV dari Banyumas,” kata dia.

Sementara itu, anggota Komisi VIII DPR RI, Abdul Fikri, mengatakan turunnya biaya haji tahun ini jangan sampai menurunkan kualitas pelayanan. Untuk memastikan itu Komisi VIII melakukan pantauan semua asrama haji di Indonesia hingga ke Mekah.

“Calhaj yang mendapatkan pelayanan kurang baik bisa dilaporkan ke Komisi VIII,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya