SOLOPOS.COM - ilustrasi haji (JIBI/Solopos/Dok.)

Haji 2015 dari Kabupaten Madiun berkurang lima calon haji.

Madiunpos.com, MADIUN — Tujuh dari 304 calon haji asal Kabupaten Madiun, Jawa Timur, melakukan mutasi. Mereka, selanjutnya akan berangkat ke Tanah Suci pada musim haji 2015 ini melalui daerah mutasi masing-masing.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ketujuh calon haji tersebut melakukan mutasi ke sejumlah daerah, di antaranya dua orang ke Sidoarjo, dua orang ke Kota Madiun, dua orang ke Tangerang, dan seorang ke Karawang,” ungkap Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Madiun, Tawwabin, kepada wartawan, Sabtu (15/8/2015).

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut Tawwabin, dengan mutasi ketujuh orang itu keluar daerah maka calon haji yang akan diberangkatkan oleh Kemenag Kabupaten Madiun pada musim haji 2015 tinggal 297 orang. “Namun, karena kami menerima mutasi masuk sebanyak dua calon haji asal Kota Madiun, maka yang diberangkatkan melalui Kemenag Kabupaten Madiun di Pendapa Muda Graha Pemkab Madiun menjadi 299 calon haji,” katanya.

Secara keseluruhan, jumlah calon haji asal Kabupaten Madiun yang akan diberangkatkan pada musim haji 2015 menurun dari tahun lalu. Pada musim haji 2014 lalu, tercatat 332 calon haji berangkat dari Kabupaten Madiun, sedangkan pada musim haji 2015 ini kuota awal hanya 304 calon haji.

Penurunan jumlah tersebut tidak dipengaruhi oleh suatu hal apapun, namun memang karena kuota yang ditentukan oleh Provinsi Jawa Timur jumlahnya sebanyak itu.

Persiapan Selesai
Ia menjelaskan persiapan keberangkatan calon haji asal Kabupaten Madiun telah hampir selesai. Para alon haji telah siap diberangkatkan dan tinggal koordinasi.

Sesuai data, terdapat tiga calon haji yang tertua. Mereka rata-rata berusia 85 tahun, yakni Kasmun warga Jiwan, Salam warga Pilangkenceng, dan Sarni warga Dagangan. Kendati berusia lanjut, namun kondisi kesehatan mereka dinyatakan layak terbang ke Tanah Suci.

Sementara itu, calon haji termuda adalah Tri Cahyo Nugroho yang baru berusia 18 tahun dan merupakan warga Desa jiwan, Kecamatan Jiwan.

Sesuai jadwal, para calon haji asal Kabupaten Madiun pada musim haji 2015 ini akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada tanggal 23 Agustus mendatang dari Pendapa Muda Graha Kabupaten Madiun oleh kepala daerah setempat.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya