SOLOPOS.COM - Sebanyak 356 calhaj kloter I Embarkasi Adi Soemarmo Solo dilepas oleh Plt. Sekda Provinsi Jateng Djoko Sutrisno di Asrama Haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali, Jumat (21/8/2015). (Muhammad Ismail/JIBI/Solopos)

Haji 2015, Ada 3 kloter untuk Calhaj asal Kabupaten Sragen.

Solopos.com, SRAGEN--Sebanyak 646 calon jemaah haji (calhaj) asal Sragen siap diberangkatkan ke Tanah Suci dengan menggunakan tiga kelompok terbang (kloter) pada 14 September mendatang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kasi Pelaksana Ibadah Haji dan Umrah, Kementerian Agama (Kemenag) Sragen, Sutopo, mengatakan sebetulnya terdapat 650 calhaj asal Sragen yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci. Namun, empat calhaj mengajukan mutasi masing-masing dua orang ke Semarang dan dua orang ke Pati. “Mereka memiliki berangkat haji bersama orang tua atau saudaranya. Jadi, mereka mengajukan mutasi meski mendaftar haji di Sragen,” kata Sutopo saat ditemui Solopos.com di kantornya, Selasa (25/8/2015).

Calhaj tertua berusia 88 tahun bernama Soenardi yang berasal dari Kecamatan Miri. Calhaj termuda berusia 24 tahun bernama Adib Susilo yang berasal dari Kecamatan Gemolong. Keberangkatan calhaj secara simbolis akan dilepas Bupati Sragen pada awal September mendatang.

Anggota Staf Pelaksana Ibadah Haji Kemenag Sragen, Fandi Adiyatama, mengatakan calhaj asal Sragen akan berangkat menggunakan kloter 67, 68, dan 69. Calhaj yang akan diberangkatkan pada tahun ini sudah mendaftar sejak 2010 silam. Saat ini, dokumen milik calhaj sudah dikirimkan ke panitia pemberangkatan haji di Asrama Haji Donohudan.

Para calhaj juga sudah mengikuti manasik yang diselenggarakan secara kelompok. Kemenag Sragen juga menggelar kegiatan pemantapan kerja yang diikuti para ketua regu dan ketua rombongan calhaj. Pemantapan kerja itu dihadiri oleh Tim Kesehatan asal Dinas Kesehatan (Dinkes) Sragen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya