SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

Haji 2015 dari Sukoharjo sudah melunasi semua ongkos.

Solopos.com, SUKOHARJO Calon haji (calhaj) di Sukoharjo sebanyak 492 orang yang akan berangkat pada tahun ini telah melunasi ongkos haji. Mereka merupakan calhaj yang mendaftar sejak lima tahun lalu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sukoharjo, Masdiro, saat ditemui wartawan di kantornya, Jumat (10/7/2015), menginformasikan ongkos pemberangkatan haji para calhaj 2015 telah lunas 100 persen. Pihaknya juga telah menyelesaikan pengurusan paspor. Proses yang saat ini masih berlangsung adalah pengurusan visa.

“Sembari menunggu visa calhaj akan dilatih manasik secara kelompok di kecamatan masing-masing selama empat hari. Selanjutnya latihan akan digelar secara gabungan selama dua hari. Waktu pelaksanaannya masih dijadwalkan,” kata dia.

Masdiro melanjutkan ada satu calhaj dengan kategori lunas tunda. Artinya calhaj tersebut sebenarnya dijadwalkan berangkat haji tahun lalu, tetapi baru bisa ikut pada tahun ini. Dia adalah seorang perempuan asal Mojolaban, Indrawati. Perempuan itu tidak dapat berhaji pada 2014 karena kedapatan sedang hamil. Kondisi tersebut diketahui ketika dia diperiksa saat berada di Embarkasi Haji.

“Sebetulnya saat itu kami sudah mengetahui bahwa yang bersangkutan sedang hamil. Calhaj juga sudah kami beri tahu kalau hamil itu tidak boleh berhaji. Namun, kala itu yang bersangkutan ngeyel. Saat diperiksa di Embarkasi petugas mengetahuinya. Jadi dia tidak bisa ngeyel lagi,” imbuh dia.

Sementara itu, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Sukoharjo, Ihsan Muhadi, menambahkan seluruh calhaj yang akan berangkat haji pada tahun ini sebanyak 496 orang. Rinciannya 492 orang merupakan calhaj reguler dan empat orang lainnya calhaj tambahan. Calhaj tambahan adalah calhaj keberangkatan 2016. Tetapi karena kondisi tertentu mereka diisulkan ke Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, agar bisa berangkat tahun ini.

Empat calhaj itu adalah dua orang lanjut usia (lansia), satu anak kandung yang akan mendampingi orang tua, dan satu ibu kandung yang terpisah dengan anak kandung. Syarat calhaj yang bisa diusulkan di antaranya lansia minimal 75 tahun.

“Sebelumnya kami mengusulkan enam orang, tapi hanya empat orang dikabulkan. Dua orang lainnya dinyatakan tidak memenuhi syarat. Pemberitahuan sudah kami sampaikan kepada empat calhaj. Mereka diwajibkan melunasi ongkos haji pada 8-13 Juli,” kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya