SOLOPOS.COM - Petugas menata tempat tidur calon jemaah haji untuk kloter pertama di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (19/8/2015). Persiapan tersebut untuk menyambut kedatangan calon jamaah haji kloter pertama embarkasi Surabaya sebanyak 250 yang berasal dari Magetan sebelum diberangkatkan ke Makah, Arab Saudi, Jumat (21/5/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Zabur Karuru)

Haji 2015 di Jawa Timur bakal diawali kloter yang terdiri atas warga eks Keresidenan Madiun.

Madiunpos.com, MAGETAN — Petugas Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Magetan, Jawa Timur menyatakan 250 calon haji setempat siap diberangkatkan untuk menunaikan ibadah haji pada musim haji tahun 2015 ini. “Segala persiapan sudah dilakukan, baik secara lahir maupun batin, insya Allah mereka siap berangkat,” ujar Kasie Haji dan Umroh Kemenag Magetan, Hj Yun Isnaini, di Magetan, Rabu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ke-250 calon haji asal Magetan tersebut akan menjadi calon haji dari Jawa Timur yang berangkat paling awal karena menjadi kelompok terbang (kloter) pertama yang berangkat ke Tanah Suci, yakni pada Jumat (21/8/2015). “Sesuai rencana, ke-250 calon haji asal Magetan akan masuk ke Asrama Haji Embarkasi Surabaya pada 20 Agustus 2015 bersama calon haji dari Surabaya,” kata dia.

Para calon haji Magetan pada musim haji 2015 itu nantinya akan berkumpul di pendapa kantor bupati setempat, Kamis (20/8/2015) dini hari. Mereka akan berangkat ke Surabaya sekitar pukul 04.00 WIB dan akan dilepas langsung oleh Bupati Magetan Sumantri.

“Sesuai jadwal, rombongan calon haji Magetan harus sudah berada di Asrama Haji Embarkasi Surabaya pada 20 Agustus 2015 sekitar pukul 10.00 WIB. Saat ini panitia sedang memasukkan koper-koper untuk diangkut ke Surabaya,” kata dia.

Untuk musim haji 2015 ini, sepertinya tak ada selisih yang signifikan jumlah calon haji yang berangkat jika dibandingkan tahun lalu. Karena kuotanya memang tetap, yakni sekitar 250-an. Adapun, jumlah calon haji yang berangkat pada tahun lalu sekitar 253 orang.

Dari jumlah 250 calon haji yang berangkat tahun, terdapat lima orang melakukan mutasi ke luar Magetan dan lima orang lainnya mutasi masuk ke Magetan. Dengan demikian, jumlahnya kembali mencapai 250 orang.

Adapun lima calon haji yang mutasi keluar adalah tiga calon haji mutasi keluar ke Kabupaten Sidoarjo dan dua lainnya ke Kota Madiun. Untuk mutasi masuk, terdapat dua calon haji yang masuk dari Kudus Jawa Tengah, satu calon haji dari Bandung, satu calon haji dari Solo, dan satu calon haji dari Banyuwangi.

Pihaknya berharap para calon haji asal Magetan tahun ini dapat menunaikan ibadahnya dengan lancar tanpa kendala apapun juga. Sesuai data, calon haji tertua berusia 86 tahun atas nama Mahfud Efendi warga Takeran Magetan dan termuda asalah Anqgar Muhis (31) warga Temboro, Kecamatan Karas.

Meski para calon haji rata-rata sudah berusia lanjut, namun mereka dinyatakan layak terbang dan menunaikan ibadah haji oleh petugas kesehatan.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya