SOLOPOS.COM - Jemaah calon haji berjalan menuju pesawat di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (21/8/2015). Sebanyak 445 jemaah calon haji kloter pertama Embarkasi Surabaya dari Kabupaten Magetan dan Surabaya itu diberangkatkan ke Mekah, Arab Saudi. (JIBI/Solopos/Antara/M. Risyal Hidayat)

Haji 2015 yang sempat terkendala keterlambatan visa akhirnya terselesaikan. Calon haji Magetan tersebar di empat kelompok penerbangan.

Madiunpos.com, MAGETAN — Petugas Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Magetan, Jawa Timur mengklaim 18 calon haji asal Magetan yang sempat batal berangkat akibat terkendala visa, telah diberangkatkan ke Tanah Suci. Calon haji Magetan untuk musim haji 2015 ini akhirnya berangkat ke Tanah Suci Mekah dengan empat kloter berbeda.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Semuanya sudah berangkat meskipun tidak bersamaan. Para calon haji yang tertunda tersebut bergabung dengan kloter berikutnya,” kata Kasi Haji dan Umrah Kantor Kemenag Magetan, Hj Yun Isnaini, di Magetan, Senin (24/8/2015).

Sesuai data yang dipublikasikan Kantor Berita Antara di Surabaya, dari 250 calon haji Kloter I Surabaya yang berasal dari Magetan dalam musim haji 2015 ini, terdapat 18 calon haji yang tertunda berangkat karena terkendala visa. Mereka terpaksa menunggu diterbitkannya visanya oleh Pemerintah Arab Saudi di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya.

Dari 18 calon haji asal Magetan yang mestinya tergabung dalam Kloter I/SUB pada musim haji 2015 itu, 14 orang terpaksa bergabung berangkat dengan Kloter II/SUB. Seorang lainnya bergabung dengan Kloter III/SUB, dan tiga orang terakhir bergabung dengan Kloter IV/SUB.

“Meski telah berangkat, ke-18 calon haji Magetan yang tertunda itu tidak dapat bergabung dengan calon haji Magetan lainnya yang lebih dahulu berangkat selama di Tanah Suci. Walau demikian, kondisi masing-masing calon haji dipastikan terpantau oleh petugas yang ada,” lanjut Yun Isnaini.

Ia menambahkan pihaknya melalui pembimbing dan ketua rombongan terus memantau kondisi para calon haji Magetan yang berada di Tanah Suci. Pihaknya juga terus mengingatkan agar para calon haji selalu menjaga kesehatan selama menunaikan ibadah haji karena cuaca di Tanah Suci yang sangat ektrem dibandingkan dengan di Tanah Air.

Sesuai rencana, para calon haji asal Kabupaten Magetan akan berada di Tanah Suci hingga 39 hari lamanya. Sebelumnya, sebanyak 31 calon haji dari Kabupaten Magetan dan Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur tertunda berangkat bersama rombongan Kelompok Penerbangan (Kloter) I/SUB karena visa mereka belum terbit.

Kemenag menjamin para calon haji yang visaya belum selesai tersebut bukan berarti batal. Mereka pasti berangkat beribadah pada musim haji 2015 meskipun tertunda. Mereka akan langsung diberangkatkan begitu visa mereka sudah diterbitkan Kedubes Arab Saudi di Jakarta.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya