SOLOPOS.COM - Direktur Utama PT Garuda Indonesia Emirsyah Satar (kelima dari kanan) bersama Komisaris Utama Bambang Susantono (keempat dari kiri) berfoto bersama awak kabin garuda Indonesia seusai menyerahkan piagam apresiasi di sela acara halal bihalal maskapai penerbangan itu, di Tangerang, Banten, Rabu (13/8/2014). (JIBI/Solopos/antara/Lucky R.)

Solopos.com, SOLO PT Garuda Indonesia yang kembali melayani penerbangan haji untuk musim haji 2014 ini. Namun, berbeda dengan musim haji sebelumnya, pada musim haji ini rute yang akan dilalui pesawat-pesawat Garuda adalah Solo-Padang-Jeddah.

Dipaparkan General Manager (GM) PT Garuda Indonesia Branch Office Solo Supriyono, hingga musim haji 2013 lalu, pesawat-pesawat pengangkut haji transit di Batam, bukan Padang. “Di Padang hanya transit untuk mengisi bahan bakar. Hal ini karena apabila secara langsung dari Solo-Jeddah, bahan bakar tidak akan mencukupi,” papar Supriyono saat jumpa pers terkait pelayanan penerbangan haji di Rumah Makan Ikan Goreng Cianjur, Kamis (14/8/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Diakuinya, rute tersebut berbeda dengan tahun lalu yang transit di Batam. Menurut Supriyono, hal tersebut dilakukan untuk mengefisienkan waktu karena lokasi Bandara Minangkabau di Padang yang lurus dengan Solo apabila menuju Jeddah. Selain itu, landasan pacu juga cukup besar.

Dia menuturkan, standar layanan pada pelaksanaan penerbangan haji tahun ini sama seperti sebelumnya. Namun dia menuturkan ketepatan waktu berangkat dan tiba akan lebih ditingkatkan. “Tahun lalu OTP mencapai 92% tapi akan terus kami tingkatkan. Namun terkait ketepatan waktu itu Kanada berbagai macam yang mempengaruhi, seperti kepadatan di Jedah dan cuaca,” paparnya.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, maskapai kebanggaan Indonesia tersebut telah menyiapkan empat pesawat untuk melayani penerbangan haji yang akan diberangkatkan dari Bandara Adi Soemarmo Solo. Layanan penerbangan haji akan mulai dilakukan garuda Indonesia pada 1 September 2014.

Pada musim haji 2014 ini, Garuda akan memberangkatkan 26.546 calon haji yang berasal dari Jateng dan DIY. Jemaah calon haji tersebut bakal dibagi menjadi 71 kelompok terbang (kloter) yang akan diberangkatkan pada 1-28 September. Dalam sehari, rata-rata ada penerbangan dua sampai empat kloter.

Keberangkatan pertama jemaah calon haji dari embarkasi Solo akan dilakukan pada 1 September 2014 pukul 07.45 WIB. Menurut rencana kloter perdana itu akan dilepas langsung oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya