SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemberangkatan calon haji (calhaj). (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, BOYOLALI – Wakil Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Heru Sudjatmoko, mewakili Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, melepas keberangkatan jemaah calhaj haji kloter pertama dari Provinsi Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Senin (1/9/2014), di Embarkasi Donohudan, Ngemplak, Boyolali.

“Ibadah tentu yang menjadi utama [dalam Haji] tapi jaga keseimbangan. Jangan saking semangatnya nanti calhaj lupa istirahat dan sebagainya. Makan dan minim jangan lupa juga, terutama minim karena cuaca di sana [Arab Saudi] ekstrem,” kata Heru menyampaikan pesan Ganjar saat dijumpai wartawan setelah melepas keberangkatan calhaj.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Sebelum naik ke bus menuju Bandara Adi Sumarmo, Boyolali, calhaj bersalaman satu per satu dengan Heru. Selain Heru, Bupati Brebes, Idza Priyanti, juga turut serta menyalami para jamaah berjumlah 370 orang tersebut. Para calhaj kemudian terbang menuju Jeddah sekitar pukul 07.45 WIB.

Ekspedisi Mudik 2024

Salah seorang calhaj, Munasir, 67, mengatakan selalu memanfaatkan waktu luang di embarkasi dan mengurangi porsi tidur untuk berdoa. Dia berharap selama melaksanakan ibadah haji, selalu mendapat karunia berupa kesehatan dan kelancaran.

“Upayakan selalu berdoa. Meminta kepada Allah SWT agar haji kami mabrur. Semoga tidak ada kendala yang menimpa kami dari perjalanan hingga semasa melaksanakan ibadah haji,” kata Munasir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya