SOLOPOS.COM - Ilustrasi jemaah calon haji asal Indonesia (JIBI/Solopos.com/Dok.)

Harianjogja.com, SLEMAN-Berdasarkan data sementara Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sleman, tahun ini terdapat 924 calon jamaah haji yang akan diberangkatkan. Dibagi dalam lima kloter, pemberangkatan kloter pertama akan mulai 9 September mendatang. Jumlah jamaah masih bisa bertambah hingga H-10 pemberangkatan kloter pertama.

“Ini terkait kuota. Jika dalam pelunasan tahap pertama ada yang belum terpenuhi, akan dibuka tahap kedua sesuai nomor urut,” kata Kepala Kantor Kemenag Sleman, Lutfi Hamid, pada Minggu (17/8/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lima kloter yang membawa calon jamaah haji asal Sleman adalah kloter 23, 24, 26, 27, dan 29. Hanya kloter 23 yang murni diisi oleh warga Sleman, sementara 4 kloter berikutnya digabungkan dengan calon jamaah asal Bantul, Jogja, Kulonprogo, dan Jawa Tengah.

Ekspedisi Mudik 2024

Pemberangkatan dilakukan dalam tiga hari. Kloter 23 yang membawa 367 calon jamaah asal Sleman berangkat pada 9 September pagi, dilanjutkan kloter 24 pada sore harinya dengan rombongan 155 orang. Kemudian pada 10 September pagi, 255 orang diberangkatkan. Kloter 27 dan 29 akan diberangkatkan pada 11 September pagi. Kloter 27 membawa 96 orang, sementara kloter terakhir hanya membawa 51 orang.

Berbagai kegiatan telah dilakukan untuk mempersiapkan calon jamaah haji. Misalnya saja latihan manasik yang dijadwalkan dilakukan sebanyak 10 kali. Terkait penyebaran virus ebola, Lutfi mengaku Kantor Kemenag Sleman belum mendapat instruksi khusus dari pemerintah pusat. Namun, seperti biasa, calon jamaah haji mendapatkan fasilitas vaksin meningitis dari puskesmas di kecamatan masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya