SOLOPOS.COM - Calon haji di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, dipasangi gelang, Minggu (31/8/2014). (Septian Ade Mahendra/JIBI/Solopos).

Solopos.com, BOYOLALI – Panitia Pemberangkatan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo mengimbau kepada seluruh calon haji (calhaj) tahun ini agar tidak terlalu khawatir menanggapi maraknya isu penyebaran penyakit MERS dan ebola.

Koordinator Pemeriksaan Akhir Kesehatan Embarkasi Solo, dr. Arqu Aminizzab, mengatakan calhaj mendapatkan pelayanan untuk memperoleh vaksinasi meningitis dan influenza di kota atau kabupaten masing-masing.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Apabila sudah mendapatkan vaksinasi tersebut, calhaj tidak perlu khawatir untuk melaksanakan ibadah haji di Arab Saudi.

“Minimal calhaj mendapat vaksinasi 10 hari sebelum sampai embarkasi. Jika sudah vaksinasi saya yakin calhaj sudah layak untuk diberangkatkan. Cahaj tidak perlu khawatir [MERS dan ebola],” kata Arqu saat dijumpai wartawan di sela-sela pemeriksaan akhir calhaj asal Kabupaten Brebes di Embarkasi Solo, Minggu (31/8/2014).

MERS (Middle East Respiratory Syndrome) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus pernapasan yang kali pertama dilaporkan terjadi pada 2012 lalu di Arab Saudi.

Sedangkan ebola adalah sejenis virus dari genus ebolavirus yang mengakibatkan orang terjangkit mengalami gejala muntah, diare, sakit badan, pendarahan dalam dan luar, serta demam.

Arqu mengatakan calhaj minimal sudah mengikuti tiga tahap pemeriksaan kesehatan di wilayah asal masing-masing. Setelah itu, kondiri kesehatan mereka juga tetap akan diperiksa di embarkasi sebagai pemeriksaan di tahap akhir.

Senada dengan Arqu, Petugas Unit Pelayanan Surveillance dan Karantina PPIH Bidang Kesehatan, Sarno Dewiantoro mengatakan calhaj bisa mencegah penularan virus MERS dan ebola dengan cara melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Setiap mau makan calhaj harus cuci tangan dan jangan lupa menggunakan masker karena penyakit ini disebabkan oleh virus. Penularan bisa melalui udara. Khusus untuk masker, selain membawa sendiri, panitia juga akan memberikan saat calhaj tiba di embarkasi,” kata Sarno

“Kami menyediakan gelang khusus bagi calhaj risti. Gelang tersebut mempermudah mengenali dan menangani calhaj dengan kondisi lanjut usia atau rentan [penyakit] itu,” imbuh Sarno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya