SOLOPOS.COM - Ilustrasi ibadah haji (JIBI/Harian Jogja/Antara/Fitri Supratiwi)

Solopos.com, BOYOLALI — Seluruh jemaah calon haji yang diberangkatkan melalui Embarkasi Solo telah meninggalkan Madinah. Sebanyak 26.444 calon haji itu kini dalam perjalanan menuju ke Arafah.

Angka tersebut tertera dari data informasi terakhir dari Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) di Asrama Haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali, Minggu (13/10/2013). Informasi lain dari Siskohat, tidak ada calon haji yang menderita sakit atau sedang menjalani perawatan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Petugas pemantau Siskohat Dani Budiyanto dan Nur Adi kepada Solopos.com menjelaskan jemaah calon haji akan tiba dan bermalam di Arafah pada malam harinya. Keesokannya, tepat di hari Idul Adha, para jemaah berada di Arafah selama satu hari.

Ekspedisi Mudik 2024

“Jemaah berada di Arafah dari pagi hingga sore. Belum ada informasi haji terkait jemaah yang meninggal atau yang sakit, baik melalui telepon atau Siskohat. Biasanya informasi haji akan muncul pada saat jemaah melakukan perjalanan ke Mina,” paparnya.

Ia mengatakan, setelah dari Arafah, mereka akan melanjutkan perjalanan menuju Mina dilajutkan ke Muzdalifah. Di perjalanan, mereka sembari melakukan mabid atau berhenti sejenak mengambil kerikil untuk lempar jumrah ketika sesampainya di Mina nanti.

Untuk kepulangan haji, dari Kanwil Kementerian Agama (Kanwil) Provinsi Jawa Tengah akan masuk debarkasi pada 18 Oktober mendatang. Rencananya, dalam kedatangan jemaah haji pertama pada 21 Oktober, pihaknya akan mengundang Gurbernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya