SOLOPOS.COM - Ilustrasi haji (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Jemaah haji asal Kabupaten Gunungkidul direncanakan tiba di kampung halaman pada Selasa (29/10) depan. Jemaah haji yang tergabung dalam kloter 22 Embarkasi Adisumarmo Solo atau SOC itu saat ini tengah melaksanakan tawaf ifadah.

Kasi Haji dan Umroh Kementrian Agama (Kemenag) Gunungkidul Mukhotib mengatakan, tawaf ifadah merupakan salah satu rukun haji yang harus dilakukan oleh semua jemaah haji. Tawaf ifadah dilakukan setelah jemaah melakukan wukup di arafah.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

Namun sebagian jemaah haji Gunungkidul, kata Mukhotib, ada yang sedang beribadah di Masjid Al-Haram karena sudah selesai tawaf ifadah. Selanjutnya jemaah akan pulang.

“Informasi dari petugas kita di Mekah 28 Oktober mulai pulang dan sampai di Gunungkidul pada 29 Oktober, pukul 14.00 WIB,” kata Mukhotib, Senin (21/10/2013)

Sesampainya di Gunungkidul, jemaah haji akan disambut Bupati Gunungkidul di Bangsal Sewokoprojo, Wonosari. Sementara sepanjang ritual ibadah haji, tambah Mukhotib, semua jemaah haji Gunungkidul dinyatakan sehat semua. Meski ada beberapa yang kelelahan.

“Satu yang sakit karena bawaan dari Indonesia. Sementara yang lain hanya kelelahan, wajar ibadah haji memang ibadah cukup melelahkan,” tandas Mukhotib.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya