SOLOPOS.COM - Ilustrasi penyelenggaraan haji (JIBI/Solopos/Antara/Andika Wahyu)

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 231 jemaah haji asal Kota Jogja telah sampai di Tanah Air, Selasa (29/10/2013). Mereka tergabung dalam dua kelompok terbang (kloter) yakni kloter 21 SOC (177 orang) dan 22 SOC (54 orang).

Adapun untuk kloter 25 SOC (161 orang) baru tiba di Jogja, Rabu (30/10/2013).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Jogja M Fathoni mengatakan tahun ini semua jemaah haji dapat pulang utuh. Hal itu berbeda dengan tahun sebelumnya, saat ada satu jemaah yang meninggal dunia.

“Meski begitu, ada satu jemaah, yakni Suwartilah, 65, warga Singosaren Kidul Wirobrajan yang sampai saat ini belum sampai Jogja. Beliau terpaksa dirawat di RS Moewardi Solo karena sakit jantung,” katanya.

Menurut Fathoni pihaknya terpaksa merujuk Suwartilah ke RS Moewardi dengan pertimbangan waktu istirahat.
Kemenag Kota Jogja tidak mau yang bersangkutan memaksakan diri mengingat risiko yang mungkin terjadi.

“Secara umum, kondisi kesehatan jemaah haji baik-baik saja. Memang ada yang sempat infeksi pernafasan ringan. Itu terjadi karena debu akibat renovasi di Masjidil Haram,” harapnya.

Fathoni mengimbau kepada jemaah haji yang telah sampai di Tanah Air untuk melapor ke Puskesmas yang dulu menjadi rujukan tes kesehatan sebelum berangkat haji. Tujuannya, agar pemeriksaan kesehatan lebih mendalam bisa dilakukan.

“Untuk barang bawaan tidak ada masalah. Memang sempat ada yang tertahan karena membawa air Zam-Zam berlebihan. Tetapi itu sudah bisa diatasi,”ungkapnya.

Salah satu jemaah haji, Pariyem, 65, asal Pengok, Gondokusuman, mengaku tidak mengalami banyak kendala selama di Tanah Suci. “Saya lancar saja. Soal barang bawaan juga enggak ada masalah,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya