SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ilustrasi (islam.about.com)

Ilustrasi (islam.about.com)

Solopos.com, BOYOLALI – Jemaah calon haji (calhaj) Embarkasi Solo dijadwalkan mulai bergerak dari Madinah ke Mekah pada Kamis (19/8). Mereka akan bergerak setelah menuntaskan 40 kali salat wajib di Madinah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kasubbag Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo 2013, Badrus Salam, Kamis (19/8/2013), menjelaskan sesampainya di Madinah, jemaah calhaj membuat kesepakatan agar bisa tinggal di Madinah dalam kurun waktu 40 kali salat wajib. Menurutnya, hal tersebut menjadi salah satu sunah yang diutamakan.

“Setelah itu, jemaah calhaj bergerak ke Mekah. Mereka diangkut oleh bus yang disediakan pemerintah Arab Saudi. Kami memiliki PPIH Arab Saudi yang bertugas menangani permasalahan-permasalahan yang dialami jemaah asal Indonesia, termasuk mengatur jemaah yang naik ke bus,” terangnya.

Menurutnya, kebiasaan calhaj asal Indonesia yang tiba awal di Arab Saudi adalah melakukan umrah wajib sebelum menjalankan rukun haji. Calhaj tersebut, lanjutnya, mulai memakai pakaian ihram sejak berada di Bir Ali. “Bir Ali adalah tempat miqat [batas awal berniat umrah] jemaah calhaj asal Indonesia yang akan melaksanakan umrah wajib. Setelah tiba di Mekah, mereka melaksanakan tawaf, sai dan tahalul,” ujarnya.

Selesai melaksanakan umrah wajib, jemaah calhaj asal Indonesia akan menempati pemondokan yang ada di Mekah. Mereka akan menjalankan ibadah seperti biasa hingga menunggu waktu wukuf di Arafah. “Selesai menjalankan rukun haji, jemaah haji Indonesia akan melakukan tawaf wada [mengelilingi Kakbah untuk terakhir kali]. Setelah itu mereka bersiap untuk pulang ke Tanah Air melalui Bandara King Abdul Azis, Jeddah,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya