SOLOPOS.COM - ilustrasi kedatangan jemaah haji (JIBI/Harian Jogja/Solopos)

Solopos.com, KLATEN—Ratusan anggota jemaah haji asal  Klaten dijadwalkan tiba di kota berseri pada Jumat-Selasa (15-19/11/2013). Rencananya, penurunan jemaah haji ditempatkan di dua lokasi, yakni Delanggu untuk sektor timur dan Masjid Raya Klaten untuk sektor barat.

Koordinator Pemulangan Haji Sektor Timur, Sunarto, mengatakan pihaknya sudah siap menyambut kedatangan jemaah haji dari Arab Saudi tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurutnya, pemulangan haji untuk sektor timur diselenggarakan oleh panitia dari eks Kawedanan Delanggu, eks Kawedanan Jatinom dan eks Kawedanan Pedan. Sedangkan, pemulangan sektor barat diadakan oleh panitia dari Klaten Kota dan eks Kawedanan Gondang Winangun.

Sebelumnya, panitia pemulangan haji sektor timur sudah mengadakan rapat di gedung Persaudaraan Haji Delanggu, di Desa Krecek, Kecamatan Delanggu, Selasa (12/11). “Saat ini, kami sudah siap menyambut kedatangan para haji. Persiapan kami sudah 100 persen,” paparnya kepada wartawan saat ditemui di gedung DPRD Klaten, Kamis (14/11).

Lebih lanjut, pihaknya mengatakan pembagian sektor itu untuk memudahkan keluarga yang ingin menjemput saudara atau kerabatnya yang pulang haji. “Oleh sebab itu, penjemput bisa menunggu di lokasi yang sudah ditentukan,” katanya.

Lebih rinci, dia mengatakan pada 2013 ini Klaten memberangkatkan 966 jemaah haji. Jumlah itu diberangkatkan melalui empat kelompok terbang (kloter).

Dari 966 jemaah yang dijadwalkan tiba pada 15-19 November, ada tiga jemaah yang sudah pulang lebih awal. Pasalnya, ketiga jemaah tersebut mengalami sakit, sehingga harus segera dipulangkan ke Indonesia lebih awal dari jadwal. Selain itu, juga ada seorang jemaah yang meninggal saat melaksanakan ibadah haji.

Sementara, pada Jumat ini, sebanyak 238 jemaah haji yang tergabung dalam kloter 61 dijadwalkan tiba di Klaten. Rombongan diangkut dari bandara Adi Soemarmo, Solo dengan menggunakan enam unit bus. Rombongan dijadwalkan tiba di Solo sekitar pukul 14.20 WIB, Jumat.

Pada Sabtu (16/11), sebanyak 365 jemaah haji yang tergabung dalam kloter 62 dijadwalkan tiba di Solo sekitar pukul 06.18 WIB. Rombongan dibawa dengan menggunakan sembilan unit bus.

Sementara, Kloter 63 yang berjumlah 349 jemaah haji juga dijadwalkan tiba di Solo pada pukul 10.15 WIB, Sabtu. Terakhir, 10 jemaah haji yang tergabung dalam kloter 71 dijadwalkan tiba di Solo pada Selasa pukul 13.30 WIB, Selasa (19/11). Sepuluh jemaah haji tersebut merupakan kuota tambahan dari Klaten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya