SOLOPOS.COM - Ilustrasi rukyatulhilal (JIBI/Solopos/Antara/Sahrul Manda Tikupadang)

Solopos.com, JAKARTA — Kementerian Agama menetapkan awal Zulhijah 1434 H jatuh pada Minggu (6/10/20130 ini, sehingga puncak pelaksanaan ibadah haji berupa wukuf di Arafah akan dilakukan Senin (14/10/2013) dan Idul Adha, Selasa (15/10/2013).

Penetapan awal Zulhijah 1434 H tersebut diambil melalui sidang isbat di Gedung Kementerian Agama, Jl. M.H. Thamrin, Jakarta, Sabtu (5/10/2013) petang. Pada rapat tersebut hadir perwakilan organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam dari seluruh Indonesia.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sidang isbat adalah sidang penetapan dalil syar`i di hadapan majelis untuk menetapkan suatu kebenaran atau peristiwa yang terjadi. Sidang isbat itu dipimpin Dirjen Bimas Islam Abdul Djamil dan Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Tengku Zulkarnain.

Sebelum sidang digelar, seperti juga pada sidang isbat awal Ramadhan dan 1 Syawal, dilakukan paparan mengenai posisi hilal dan matahari oleh Thomas Djamaluddin dari Planetarium Jakarta. Dari sisi astronomi, penjelasan Thomas tak ada yang menyangkal. Tetapi tatkala sidang hendak mengambil keputusan, muncul silang pendapat.

Memang pada sidang awal Zulhijah tersebut tak seramai penentuan awal Ramadhan atau 1 Syawal. Tetapi perhatian Ormas Islam terhadap persoalan ini tetap besar. Sidang berlangsung sejak pukul 16.30 WIB, dan usai salat Magrib dilanjutkan dengan pembahasan dan mendengarkan pendapat dari wakil-wakil ormas.

Majelis sidang isbat akhirnya menyetujui keputusan yang ditetapkan Dirjen Bimas Islam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya