SOLOPOS.COM - Kedatangan Kloter 1 Debarkasi Adisoemarmo di Bandara Adisoemarmo, Kamis (1/11/2012) dinihari. (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

Kedatangan Kloter 1 Debarkasi Adisoemarmo di Bandara Adisoemarmo, Kamis (1/11/2012) dinihari. (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

JEDDAH — Pelaksanaan ibadah haji hingga hari ke-42, sebanyak 247 orang jemaah haji Indonesia wafat. Jumlah itu meningkat tajam setelah pergerakan ke Armina.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Informasi yang dikumpulkan di Jeddah, Jumat (2/11/2012), menyebutkan sebelumnya, pada 23 Oktober 2012 pukul 15.00 waktu Saudi, atau sehari sebelum jamaah diberangkatkan ke Armina sebanyak 102 anggota jamaah haji Indonesia yang meninggal.

Terjadi peningkatan lebih dua kali lipat dari jumlah sebelum Armina (Arafah, Muzdalifah dan Mina). Kondisi itu terjadi karena tingkat kelelahan jamaah meningkat setelah menjalankan ritual utama haji.

Ritual utama itu adalah wukuf di Arafah, lalu mabit di Muzdalifah dan mabit tiga hari di Mina berikut tiga kali melontar jumrah, lalu tawaf ifada dan sa’i.

Dari keseluruhan yang meninggal penyebab utama adalah gangguan jantung 154 orang, gangguan pernafasan 70, infeksi dan parasit sembilan, endoktrin nutrisi lima, gangguan sistem pencernaan empat, penyakit pembuluh darah dan organ satu, sistem syaraf dua, dan keracunan satu orang.

Dari segi lokasi, yang wafat di Mekkah 194 orang, Mina 24, Madinah 19, Arafah enam, Jeddah dua dan di perjalanan dua orang. Sementara dari segi jenis kelamin, pria 137 dan wanita 110.

Sementara, Daker Jeddah sudah mempersiapkan surat keterangan wafat untuk dikirim ke ahli waris. Sekretaris Daker Jeddah Nur Alya Fitra menerangkan isi surat pemberitahuan itu antara lain data diri almarhum atau almarhumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya