SOLOPOS.COM - Kepala Desa Blimbing Margono (dua dari kiri) menjalani swab antigen dengan disaksikan pimpinan kecamatan di tempat hajatan warga di wilayah Desa Blimbing, Sambirejo, Sragen, Senin (31/5/2021). (Istimewa)

Solopos.com, SRAGEN — Kepala desa (kades), bayan, ketua rukun tetangga (RT), dua orang anggota Satuan Tugas (Satgas) Jogo Tonggo Desa Blimbing, Kecamatan Sambirejo, Sragen, dites swab antigen Covid-19, Senin  (31/5/2021).

Hal itu sebagai tindak lanjut atas adanya klaster keluarga pengantin yang batal menggelar hajatan ada Minggu (30/5/2021). Selain itu, tes swab antigen juga dilakukan terhadap warga yang kontak erat dengan keluarga pengantin.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Polres Sragen Bergerak Testing Covid-19 Dari Hajatan Ke Hajatan, Ada Yang Positif?

Total ada 22 orang yang menjalani tes swab antigen karena menjadi kontak erat. Kades Blimbing, Margono, membenarkan ikut swab test antigen bersama warga lainnya saat tracing kasus keluarga pengantin positif Covid-19.

Sementara itu kondisi keluarga pengantin asal Blimbing, Sragen, yang terpapar Covid-19 dalam kondisi sehat semua. “Kondisi keluarga pengantin semua sehat. Tadi kami kirimkan obat-obatan dan multivitamin,” ujar Kepala Puskesmas Sambirejo, dr Wisnu Retnaningsih, saat dihubungi Solopos.com, Senin siang.

Baca Juga: Sempat Keguguran, Begini Kronologi Pengantin Di Sragen Batal Gelar Hajatan Karena Covid-19

Kontak Erat Kasus Positif

Camat Sambirejo Sragen Didik Purwanto menyampaikan pelaksanaan swab antigen di lokasi hajatan salah satu dukuh Desa Blimbing, Sambirejo, Sragen, berjalan lancar. Tes swab tersebut melibatkan aparat gabungan dari TNI, Polsek, puskesmas, tenaga kesehatan, perangkat desa Blimbing, dan seterusnya.

“Tadi yang pertama di-swab kepala desa, bayan, RT, dan dua orang Satgas Jogo Tonggo sebagai contoh bagi warga. Setelah itu baru warga lain yang kontak erat dengan keluarga pengantin. Mereka ini yang rewang atau membantu menyiapkan makanan untuk keperluan hajatan. Jumahnya ada 22 orang yang ikut swab antigen dan hasilnya semua negatif,” jelas Didik.

Baca Juga: Pengantin & Orang Tuanya Positif Covid-19, Hajatan Di Blimbing Sragen Batal

Puluhan warga yang ikut swab antigen Covid-19 di Blimbing, Sragen, itu sebagian besar dari lingkungan satu RT dan RT sebelah yang berdekatan. Pelaksanaan swab antigen itu dijaga aparat dari Polsek Sambirejo.

Selama kegiatan berlangsung, protokol kesehatan tetap dijalankan dengan ketat. Bagi warga kontak erat yang belum swab bisa ikut swab di puskesmas.

Sebelumnya, hajatan pernikahan warga Blimbing, Sragen, terpaksa batal karena pengantin perempuan dan orang tuanya terkonfirmasi positif Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya