SOLOPOS.COM - Skuat Jepang di Piala Dunia 2022 (Twitter @FIFAWorldCup)

Solopos.com, JAKARTA—Berikut daftar pemain Timnas Jepang yang begitu sensasional di Piala Dunia 2022 dengan mengalahkan juara dunia empat kali Jerman dan juara dunia Spanyol pada penyisihan Grup E.

Kemenangan atas Spanyol 2-1 pada laga pamungkas grup di Khalifa International Stadium, Doha, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB, membuat Jepang lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sempat tertinggal 0-1 pada babak pertama, Samurai Biru bangkit pada babak kedua dengan mencetak dua gol cepat melalui Ritsu Doan pada menit 48 dan Ao Tanaka menit 51.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia 2022 Hari Ini: Penentuan Grup G & H, Ada Korsel vs Portugal

Selain menang melawan Spanyol, Hiroki Sakai dan kawan-kawan juga berhasil meraih kemenangan 2-1 melawan Jerman pada laga pertama.

Dalam daftar pemain Timnas Jepang saat melawan Spanyol, ada peran luar biasa dari para pemain yang berasal dari tim-tim Meiji Yasuda J1 League atau Liga Utama Jepang. Dari daftar susunan pemain yang diturunkan pelatih Hajime Moriyasu dikutip dari J. League ada tiga pemain Liga Utama Jepang atau J1 League menjadi starter.

Di bawah mistar gawang, Shuichi Gonda (Shimizu S-Pulse) masih jadi andalan dan selalu jadi starter dalam tiga laga babak grup. Saat melawan Spanyol Gonda dihujani 12 tembakan dengan lima di antaranya tepat ke arah gawang.

Baca Juga: Skema 16 Besar Piala Dunia 2022: Jepang vs Kroasia, Maroko vs Spanyol

Gonda mampu melakukan empat penyelamatan, tiga di antaranya dari peluang yang berasal dari dalam kotak penalti.

Di lini belakang daftar pemain Timnas Jepang, Shogo Taniguchi (Kawasaki Frontale) jadi starter dan kali pertama bermain di Piala Dunia 2022, jadi satu dari tiga bek tengah yang diturunkan pelatih Moriyasu.

Meski baru kali pertama bermain, Taniguchi tampil lugas di lini belakang selama 90 menit, melakukan 5 sapuan, 2 blok, 1 intersep, dan 1 tekel, dan memenangi semua duel udara yang ia lakukan (3 kali).

Baca Juga: Klasemen Akhir Grup E Piala Dunia 2022: Jepang di Puncak, Spanyol Runner-up

Satu pemain lain dari J1 League yang jadi starter adalah Yuto Nagatomo (F.C.Tokyo) di pos wing back kiri dalam caps ke-140 untuk Timnas Jepang. Pemain berusia 36 tahun tersebut bermain pada babak pertama, sebelum digantikan Kaoru Mitoma pada jeda babak. Nagatomo sempat melakukan satu kali tekel dan satu kali umpan silang akurat sepanjang babak pertama.

Daftar pemain Timnas Jepang dari J1 League Hiroki Sakai (Urawa Red Diamonds) tidak dimainkan karena cedera. Sedangkan tiga pemain J1 League lainnya yang tidak dimainkan oleh Moriyasu, yaitu Miki Yamane (Kawasaki Frontale), Yuki Soma (Nagoya Grampus), dan Shuto Machino (Shonan Bellmare).

Pada babak 16 besar, Jepang akan menghadapi Kroasia di Al Janoub Atadium, Al Wakrah, Senin (5/11/2022) pukul 22.00 WIB.

 

Berikut  daftar pemain Timnas Jepang di Piala Dunia 2022:

Penjaga gawang:

Eiji Kawashima (Strasbourg), Daniel Schmidt (Sint Truiden), Shuichi Gonda (Shimizu S-Pulse)

Belakang:

Hiroki Sakai (Urawa Red Diamonds), Miki Yamane (Kawasaki Frontale), Ko Itakura (Borussia Monchengladbach), Takehiro Tomiyasu (Arsenal), Maya Yoshida (Schalke 04), Shogo Taniguchi (Kawasaki Frontale), Hiroki Ito (VfB Stuttgart), Yuto Nagatomo (FC Tokyo)

Gelandang:

Junya Ito (Stade de Reims), Ritsu Doan (SC Freiburg), Wataru Endo (VfB Stuttgart), Hidemasa Morita (Sporting), Ao Tanaka (Fortuna Dusseldorf), Daichi Kamada (Eintracht Frankfurt), Takefusa Kubo (Real Sociedad), Takumi Minamino (AS Monaco), Kaoru Mitoma (Brighton & Hove Albion), Gaku Shibasaki (Leganes), Yuki Soma (Nagoya Grampus)

Penyerang:



Takuma Asano (Vfl Bochum), Daizen Maeda (Celtic), Ayase Ueda (Cercle Brugge), Shuto Machino (Shonan Bellmare)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya