SOLOPOS.COM - Transmisi Manual (Auto2000.co.id)

Solopos.com, SOLO — Bagi pengemudi mobil pemula, oper gigi transmisi mobil manual memang sering jadi momok. Untuk itu butuh latihan khusus agar proses perpindahan gigi berjalan lancar. Kunci penting dalam proses perpindahan gigi ini adalah injakan kopling.

Jika Anda ingin mengoper gigi harus didahului oleh injakan kopling. Tanpa menginjak kopling, maka cara oper gigi mobil manual sudah salah sejak awal.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Jika sekarang Anda sedang ingin mulai belajar oper gigi mobil manual, beberapa tips berkendara di bawah ini dapat dicoba agar semakin cepat memahami dalam mempraktikkannya. Berikut informasinya dikutip dari laman Auto2000.

1. Pastikan Posisi Gigi Mobil

Cara yang diberikan di sini berfokus pada saat mobil belum melaju. Sekarang Anda harus melihat posisi gigi mobil. Pastikan posisi gigi mobil transmisi manual ada di dalam posisi netral, yaitu di bagian tengah. Untuk mengetahui apakah posisi gigi netral, coba gerakkan tuas gigi ke kanan dan kiri. Jika terasa mudah, artinya gigi mobil dalam kondisi netral.

Baca juga: Harga Resmi Naik, Apa Keuntungan Pakai Pertamax

2. Mulai Masukkan Gigi

Sekarang Anda bisa mulai memasukkan gigi setelah menginjak kopling. Tahan posisi kaki kiri Anda dengan menginjak kopling lalu geser tuas ke paling kiri dan dorong ke depan. Itu berarti Anda sudah berada di dalam posisi gigi satu.

Jika ingin pindah ke gigi dua, maka kembali injak kopling, tahan, lalu geser tuas ke belakang. Intinya adalah Anda harus mengikuti arah dari masing-masing nomor gigi yang tertera di atas tuas. Jadi proses perpindahan gigi menjadi lebih halus dan lancar.

3. Ingin Memasukkan Gigi Mundur

Untuk memasukkan gigi mundur, Anda dapat memosisikan tuas ke bagian netral, lalu dorong ke kanan dan tarik ke belakang. Sekarang mobil transmisi manual Anda sudah berada di gigi mundur. Jangan lupa untuk mengecek kondisi sekitar dari kaca spion kiri-kanan-tengah sebelum memundurkan mobil.

Baca juga: Tips Mengemudi Mobil di Tanjakan, Salah Satunya di Ngargoyoso

4. Menurunkan Gigi Manual

Proses menurunkan gigi transmisi manual sebenarnya sama seperti Anda ingin menaikkannya. Namun sebaiknya turunkan gigi manual secara berurutan. Jika ingin turun dari gigi empat, maka Anda harus masuk ke gigi tiga dahulu. Laju kendaraan mobil sudah pasti ikut dipelankan. Proses ini membuat penurunan gigi manual berjalan dengan semestinya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya