SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sebuah studi baru-baru ini telah menemukan bahwa kehilangan memori bisa dimulai ketika orang berusia tiga puluhan. Seperti dilansir medindia.net, jika sebelumnya usia rata-rata seseorang mengalami penurunan daya ingat adalah 57 tahun. Namun, penelitian terbaru menemukan, penurunan daya ingat bisa terjadi di usia tigapuluhan.

Hal ini bukan kejadian langka. Pasalnya, cukup banyak orang yang berusia tigapuluhan lupa ejaan namanya sendiri.  Sebuah survei mengungkapkan  salah satu penyimpangan memori yang paling memalukan adalah ketika seseorang lupa ejaan nama sendiri selama pertemuan bisnis. Penyimpangan memori lainnya termasuk lupa nama orang, lupa kunci dan kacamata, melupakan nama-nama warna, ejaan “jam” dan kata “apel”.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tak hanya itu, beberapa orang mengaku meninggalkan orang-orang tercinta di toko. Sebagian besar dari mereka yang disurvei khawatir tentang penurunan memori ini dan khawatir jika itu akan menjadi masalah besar di masa depan.

Ekspedisi Mudik 2024

Survei yang diterbitkan Memory Training Course yang untuk pertama kali diterbitkan online di Inggris, meneliti lebih dari 1.000 orang dewasa berusia di atas 50 tahun. Ditemukan bahwa 60% dari mereka yang disurvei khawatir tentang kehilangan memori sementara 20% orang telah kehilangan memori ketika berusia di tiga puluhan atau empat puluhan. Menurut penelitian, 92%  di atas 50 tahun berusaha untuk menjaga pikiran dan memori aktif.

Meski mengkawatirkan, namun daya ingat bisa ditingkatkan dengan metode yang berbeda seperti membaca buku, mengerjakan  teka-teki silang atau suduko, membantu anak-anak mengerjakan pekerjaan rumah mereka atau bahkan belajar hal-hal baru atau bergabung dengan kelas baru.

Jonathan Hancock, tutor kursus  online mengatakan: “Memori brilian adalah sesuatu yang Anda lakukan, bukan sesuatu yang Anda memiliki. Otak ibarat otot yang berubah jika Anda berolahraga. Setiap orang dapat melatih memori.” (Kabar24/JIBI)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya