SOLOPOS.COM - Hadrian X/fbr

Solopos.com, DAYTON -- Sebuah robot pembuat batu bata Hadrian X mampu membangun rumah dalam tiga hari. Robot pegembangan Australia Fastbrick Robotics (FBR) sejak 2015 ini mampu membangun cangkang bata sebuah rumah menyelesaikan tugas dengan sempurna.

Mengutip laman globalconstructionreview, Senin (22/3/2021), Hadrian X mampu menyelesaikan cangkang bata tiga kamar tidur, dua struktur kamar mandi seluas 180 meter persegi dalam waktu kurang dari tiga hari.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

Fastbrick Robotics mengatakan struktur tersebut memenuhi standar bangunan terverifikasi yang ditetapkan oleh kelompok konsultan teknik sipil dan struktural.  “Kami sekarang memiliki satu-satunya solusi pemasangan batu bata ujung-ke-ujung yang sepenuhnya otomatis di dunia, dengan pasar besar yang menunggunya,” ujar kepala eksekutif Fastbrick Robotics, Mike Pivac.

Baca Juga : ATM Di Singapura Terapkan Pengamanan Pindai Pengenal Wajah

Bangunan rumah Fastbrick Robotics mengikuti Factory Acceptance Testing (FAT) di fasilitas pengujian perusahaan. Hadrian X berhasil menyelesaikan struktur dua jalur dengan kombinasi penuh ukuran bata, potongan dan konfigurasi peletakan.

Hadrian X juga lulus pembangunan struktur 11 jalur pilar untuk membangun bahan dari pelat. Secara umum Hadrian X mengikuti program model 3D CAD dengan akurasi tinggi. Hasilnya robot tukang batu ini mampu menata bata dengan tingkat presisi tinggi dan hampir nol kesalahan.

Cukup dengan menjalankan sistem model CAD 3D, Hadrian dapat mulai bekerja menempatkan batu bata, bersama dengan mortar dan perekat yang diperlukan untuk menyatukan semuanya. Hadrian X tercatat mampu memasang 85 blok per jam dengan target 150 blok per jam hingga lebih dari 200 blok per jam.

Baca Juga : TNI AL Terima Alugoro 405, Kapal Selam Pertama Buatan Indonesia

Hasil kerja Hadrian X menjadi unuk keterampilan untuk bersaing dengan layanan pemasangan batu bata tradisional. Tim masih menghitung ulang dan membandingkan tarif tenaga manusai dan alat berat dalam pekerjaan nyata.

Hadrian X/fbr
Hadrian X/fbr

Robot Hadrian X meletakkan batu bata melalui boom teleskopik yang dipasang ke excavator atau truk. Hadrian X ditata ke lokasi rumah pajangan, di Kota Dayton. Hadrian X menyelesaikan dinding struktural rumah pajangan dalam tiga setengah shift pemasangan batu standar.

Setelah selesai, rumah tersebut berfungsi sebagai pajangan bagi publik dan calon mitra untuk dikunjungi dan mempelajari lebih lanjut tentang kemampuan pemasangan batu bata Hadrian X dan konstruksi otomatis. Perusahaan berencana untuk terus meningkatkan teknologi untuk meningkatkan kinerjanya lebih jauh.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya