SOLOPOS.COM - Ilustrasi petugas medis virus corona. (Reuters)

Solopos.com, PONOROGO -- Dua warga di Desa Gondowido, Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo, terkonfirmasi positif Covid-19. Kedua orang ini sebelumnya menghadiri pemakaman tetangganya yang meninggal dunia.

Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, mengatakan dua warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut adalah seorang laki-laki berusia 41 tahun dan seorang perempuan 62 tahun. Keduanya terkonfirmasi positif Covid-19 setelah hasil tes swab keluar pada Minggu (19/7/2020).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jokowi Tunjuk Erick Thohir Pimpin Tim Pengendalian Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi

Sebelumnya kedua orang ini mendatangi pemakaman seorang warga di Kecamatan Ngebel yang meninggal dunia secara mendadak pada 12 Juli 2020. Saat itu, pemakaman warga tersebut dilakukan dengan protokol pemakaman jenazah Covid-19.

“Warga itu dimakamkan dengan protokol Covid-19 karena sebelumnya sempat melakukan perjalanan di Jakarta,” kata Ipong.

Update Kasus Covid-19 Indonesia: Pasien Positif Capai 88.214, Sembuh 46.977, Meninggal 4.239

Atas kejadian tersebut, ada delapan orang yang dilakukan pengambilan tes swab terhadap delapan orang yang kontak erat. Kemudian dua orang hasil tesnya keluar dan dinyatakan positif Covid-19.

Tim Satgas Penanganan Covid-19 Ponorogo selanjutnya melakukan tracing dan menemukan fakta bahwa almarhum sempat menggelar acara dengan melibatkan 84 orang. “Saat ini 84 orang itu melakukan isolasi mandiri dan mereka akan menjalani pemeriksaan rapid test,” jelasnya.

Pandemi Covid-19, Seleksi Akhir Timnas Pelajar U-15 Akhirnya Pindah ke Palembang

Pemerintah kabupaten kemudian menindaklanjuti kasus konfirmasi itu dengan melakukan karantina wilayah di Dukuh Toyomarto, Desa Pupus, Kecamatan Ngebel. Pemerintah juga melarang kegiatan yang melibatkan pengumpulan massa di desa tersebut.

“Ini merupakan upaya untuk memutus rantai penularan Covid-19,” kata Ipong.

Cerita Warga Jogonalan Klaten Temukan Harta Karun Peninggalan China dan Hindu Klasik di Sawah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya