SOLOPOS.COM - Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, berdiskusi dengan Habib Hasan bin Anis Al-Habsyi saat peringatan Haul Habib Ali di Pasar Kliwon, Solo, Selasa (15/11/2022). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SOLO — Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menghadiri acara peringatan Haul ke-111 Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi di Pasar Kliwon, Solo, Selasa (15/11/2022). Seusai acara, pria yang didukung Partai Nasdem sebagai capres pada Pemilu 2024 mendatang itu diteriaki Presiden 2024 saat berjalan kaki menyusuri kerumunan jemaah.

Anies tak datang sendirian di acara peringatan haul di Masjid Ar Riyadh, Pasar Kliwon, Solo. Dia ditemani Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Bahkan keduanya duduk satu mobil menuju lokasi acara peringatan haul.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Sebelumnya, keduanya sarapan bareng di salah satu hotel di Solo sekitar pukul 07.30 WIB. Rombongan Anies dan Gibran tiba di lokasi acara peringatan haul sekitar pukul 09.15 WIB.

Mereka harus dibantu anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) untuk mencari jalan di tengah lautan manusia yang memenuhi JL Kapten Mulyadi. Saat menghadiri acara Haul Habib Ali di Solo, Anies memakai baju koko warna putih lengkap dengan peci hitam.

Sedangkan Gibran memakai baju koko warna hijau juga memakai peci hitam. Mereka disambut keturunan dan kerabat keluarga Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi selaku panitia acara peringatan haul.

Baca Juga: Seusai Sarapan Bareng, Wali Kota Gibran dan Anies Semobil ke Lokasi Haul Habib

Mereka langsung masuk area masjid dan duduk di zawiyah bercampur dengan keluarga keturunan Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi. Sebelum acara peringatan kelar, Anies didapuk untuk memberikan sambutan selama sekitar lima menit.

Anies Sebut Haul Tahun Ini Istimewa

Acara peringatan Haul Habib Ali Solo rampung sekitar pukul 12.30 WIB. Gibran dan Anies keluar dari masjid secara bersamaan didampingi imam Masjid Riyadh, Habib Hasan bin Anis Al-Habsyi. Mereka kembali menyusuri ruas Jl Kapten Mulyadi yang penuh sesak jemaah.

Tak ayal, banyak jemaah acara haul Habib Ali di Solo yang meminta bersalaman dan swafoto dengan Anies Baswedan. Kala itu, teriakan Presiden 2024 sahut menyahut dari jemaah yang bersalaman dengan Anies Baswedan. “Presiden…Presiden…Presiden 2024,” seru jemaah yang memadati Jl Kapten Mulyadi.

Baca Juga: Sarapan Bareng di Solo, Ini Yang Dibahas Wali Kota Gibran dan Anies Baswedan

Anies menyampaikan acara peringatan haul pada tahun ini istimewa dan luar biasa. Ribuan umat Islam berdatangan dari berbagai daerah di Tanah Air untuk menghadiri acara tersebut.

Hal ini wujud kecintaan dan kerinduan umat muslim terhadap para pewaris Nabi SAW. Ribuan umat muslim berbondong-bondong memperingati wafatnya Habib Ali bin Muhammad Al Habsy setiap tahun.

Hal itu seakan membuktikan Habib Ali tetap hidup di tengah-tengah mereka yang mendamba kesejukan dan ketenangan jiwa. “Acara peringatan haul pada tahun ini sungguh luar biasa. Mereka datang berduyun-duyun untuk mencari keberkahan,” ujar Anies.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya