Hadapi Vietnam di Final Piala AFF U-16, Kans Bima Sakti Cetak Sejarah

Semasa masih aktif tampil di lapangan sebagai pemain, mantan kapten Timnas Indonesia itu pernah merasakan gelar juara Liga Indonesia 1999-2000 bersama PSM Makassar.

 Pelatih Timnas U-16 Indonesia, Bima Sakti, berpose untuk jurnalis seusai menyampaikan keterangan dalam jumpa pers jelang Piala AFF U-16 2022 di Sleman, DIY, Sabtu (30/7/2022). (Antara/Andreas Fitri Atmoko)

SOLOPOS.COM - Pelatih Timnas U-16 Indonesia, Bima Sakti, berpose untuk jurnalis seusai menyampaikan keterangan dalam jumpa pers jelang Piala AFF U-16 2022 di Sleman, DIY, Sabtu (30/7/2022). (Antara/Andreas Fitri Atmoko)

Solopos.com, SLEMAN – Bima Sakti berpeluang mencetak sejarah setelah mengantarkan tim nasional Indonesia mencapai final Piala AFF U-16 2022. Indonesia akan menghadapi Vietnam dalam pertandingan puncak di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (12/8/2022) malam pukul 20.00 WIB.

Apabila berhasil membawa Timnas Indonesia juara di turnamen Piala AFF U-16 kali ini, Bima Sakti mencetak sejarah yaitu meraih gelar perdananya sebagai pelatih.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

“Insya Allah dengan seizin Allah, itu (juara Piala AFF U-16) akan menjadi yang pertama bagi saya sebagai pelatih,” ujar Bima dalam jumpa pers pralaga di Stadion Maguwoharjo, Kamis (11/8/2022).

Sosok pemain yang resmi gantung sepatu pada 2017 dalam usia 41 tahun itu memang belum pernah merasakan gelar juara di kompetisi apa pun, sebagai pelatih maupun asisten pelatih.

Prestasi terbaiknya hanyalah menjadi peringkat ketiga Piala AFF U-15 2019 saat Bima mulai dipercaya menangani Timnas U-15 dan U-16.

Baca Juga: Suporter Geruduk Latihan Persis Solo, Ada Apa?

Sebelumnya ia sempat menjadi pemain merangkap asisten pelatih Persiba Balikpapan, asisten pelatih Timnas Indonesia, asisten pelatih Timnas U-23, dan pelatih Timnas Indonesia.

Semasa masih aktif tampil di lapangan, mantan kapten Timnas Indonesia itu pernah merasakan gelar juara Liga Indonesia 1999-2000 bersama PSM Makassar.

Baca Juga: Final Piala AFF U-16 2022: Timnas Indonesia Berburu Kado Spesial

“Saat menjadi pemain Timnas dulu juga pernah menjadi juara di Piala Kemerdekaan (tahun 2000). Namun, itu turnamennya tidak segengsi di AFF,” tutur Bima.

Indonesia mencapai final Piala AFF U-16 2022 setelah menyisihkan Myanmar 5-4 lewat adu tendangan penalti seusai laga semifinal berakhir imbang 1-1 di Stadion Maguwoharjo, Rabu (10/8/2022), sedangkan Vietnam lolos lewat kemenangan 2-0 atas Thailand.

Sumber: Antara

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Timnas U-17 Indonesia, Saatnya Tuntaskan Setengah Jalan Menuju Piala Asia

      Timnas U-17 Indonesia wajib memenangi dua pertandingan tersisa di Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 melawan Palestina (nanti malam) dan Malaysia (Minggu) untuk memastikan lolos ke putaran final di Bahrain.

      Ten Hag Tetap Sebut Cristiano Ronaldo Bahagia di Manchester United

      Di bawah pelatih Erik ten Hag, Ronaldo memang belum menjadi pilihan utama untuk berbagai laga Manchester United.

      Akui Bagus, Pelatih UEA Puji Kualitas Arkhan Kaka dan 2 Pemain Timnas U-17

      Pelatih UEA menyebut tiga pemain Indonesia ini lebih menonjol di tim. Meski demikian, ia mengaku Timnas U-17 Indonesia bagus sebagai sebuah tim seperti halnya UEA.

      Djokovic ke Perempat Final Astana ATP dengan Kemenangan Telak

      Djokovic, yang meraih gelar ke-89 sepanjang kariernya di Tel Aviv akhir pekan lalu, memperpanjang kemenangan beruntunnya menjadi enam pertandingan.

      Tiga Pemain Persib Bandung Gabung Pemusatan Latihan Timnas U-20

      Selain di turnamen AFC U-20, Timnas U-20 Indonesia juga akan menghadapi Piala Dunia U-20 pada 20 Mei-11 Juni 2023.

      Jadwal Pertandingan dan Klasemen Lengkap Kualifikasi Piala Asia U-17 2023

      Indonesia akan menghadapi Palestina pada lanjutan penyisihan Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Jumat (7/10/2022) malam WIB.

      Bila Pendukung Rusuh, 39 Klub Liga 3 Jateng Siap Didiskualifikasi

      Menurut A. S. Sukawijaya pakta integritas tersebut merupakan salah satu upaya mencegah terulangnya tragedi Kanjuruhan Malang saat Liga 3 Jateng bergulir kembali.

      Esports Berkembang Jadi Peluang Sport Tourism Kota Solo

      Perkembangan esports yang sangat cepat membawa dampak hadirnya banyak orang di setiap turnaman yang di gelar di suatu daerah.

      Profil Arkhan Kaka, Striker Haus Gol Timnas U-17 Indonesia Binaan Persis Solo

      Arkhan Kaka telah mencetak enam gol dalam dua penampilannya bersama Timnas Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

      Ranking FIFA Terbaru Hari Ini: Brasil Kukuh di Puncak, Indonesia Merangkak

      Indonesia dan Malaysia sama-sama mendapat peningkatan dalam ranking FIFA terbaru, sedangkan posisi Thailand tak berubah.

      Jelang Hadapi Palestina, Ini yang Diwaspadai Timnas U-17 Indonesia

      Palestina bisa tiba-tiba memanfaatkan peluang dari bola mati (set piece) untuk mencetak gol. Bima Sakti meminta lini belakang Timnas U-17 Indonesia lebih rapi lagi di lanjutan Kualifikasi Piala Asia U-17 nanti.

      Setelah Mataram Is Love, Kini Muncul Gerakan Mataram Melawan

      Tagar Mataram Melawan diiringi tuntutan mengusut tuntas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan Malang beberapa hari yang lalu.

      Waduh! Pelatih Timnas U-17 UEA Sindir Kualitas Rumput Stadion Pakansari Bogor

      Sebelumnya pelatih Timnas U-17 UEA, Alberto Gonzalez, juga mengeluhkan kualitas Stadion Pakansari Bogor pada laga melawan Palestina. Saat itu UEA menang dengan skor 4-3.

      Erick Thohir Bertemu Presiden FIFA Membahas Perbaikan Sepak Bola Indonesia

      Erick Thohir melakukan pertemuan dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino, di Doha, Qatar, pada Rabu (5/10/2022).

      Solidaritas atas Tragedi Kanjuruhan Malang, Seniman Mural Solo Beraksi

      Mural solidaritas perdamaian atas tragedi Kanjuruhan Malang dibuat oleh komunitas Soloissolo.