SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Para pendukung Borussia Dortmund saat mendukung timnya pada Derby Ruhr melawan Schalke 04 di Signal-Iduna Park, Sabtu (20/10/2012). JIBI/SOLOPOS/Reuters

DORTMUND—Pelatih Borussia Dortmund, Jurgen Klopp, mengatakan timnya harus memperbaiki diri secara drastis untuk menghadapi Real Madrid pada laga Liga Champions Grup D di Signal-Iduna Park, Kamis (25/10/2012) dini hari WIB. Die Borussen, julukan Dortmund, harus segera bangkit setelah  menelan kekalahan di derby Ruhr.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Dortmund takluk 1-2 di kandang oleh tim sekota, Schalke 04, pada Sabtu (20/10/2012). Kekalahan ini membuat Dortmund hanya meraih satu kemenangan dari enam pertandingan terakhir di semua kompetisi.

Real memuncaki Grup D dengan dua kemenangan saat melawan Manchester City dan Ajax, namun Klopp mengatakan Dortmund harus memperbaiki performa mereka yang merosot saat bermain melawan Schalke jika mereka ingin menyulitkan tim raksasa Spanyol itu.

“Semuanya harus lebih baik, kami harus mencoret pertandingan melawan Schalke dan selanjutnya memperlihatkan apa yang dapat kami lakukan,” kata Klopp, yang timnya menghuni peringkat keempat di Liga Jerman dan tertinggal 12 poin dari pemuncak klasemen, Bayern Muenchen.

Klopp memiliki masalah cedera pemain, di mana gelandang Jakub Blaszczykowski dipastikan absen, namun bek Marcel Schmelzer, ditambah dua gelandang Mario Goetze dan Ilkay Gundogan kemungkinan dapat pulih saat menjamu Madrid.

“Jakub Blaszczykowski tidak akan siap (bermain) pada saatnya, apakah tiga pemain lain dapat dimainkan, saya sekarang belum tahu. (Kemajuan) setiap hari sangat membantu,” kata Klopp.

Dengan banyaknya pemain inti yang cedera, Klopp menggunakan formasi 4-4-2 saat menghadapi Schalke, dengan menduetkan penyerang Polandia, Robert Lewandowski dan bintang Jerman Marco Reus di lini depan.

Namun upayanya tidak berjalan maksimal ketika Schalke berhasil unggul sejak awal pertandingan, dan Klopp mengakui kesalahannya.

“Saya hanya ingin mempertajam formasi, namun itu tidak bekerja, dan saya harus menerimanya. Kami mampu bermain lebih baik,” beber Kloop.

“Belakangan ini kami telah memainkan sepak bola yang benar-benas bagus, terkadang lebih baik dibandingkan musim lalu, namun kami tidak melakukan cukup hal saat melawan Schalke dan ini bukan hanya karena  empat (pemain yang) cedera,” imbuh Kloop.

Menjuarai Liga Jerman pada dua musim terakhir, Dortmund berharap dua bintang Jerman yang memperkuat Real, Mesut Ozil dan Sami Khedira, dapat tampil di pertandingan Rabu.

Khedira absen saat Jerman bermain imbang 4-4 dengan Swedia di kualifikasi Piala Dunia Selasa silam karena cedera paha kiri, namun pemain 25 tahun ini diharapkan masuk starting line up Los Blancos, julukan Madrid, pada lawatan ke Dortmund.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya