SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesawat Lion Air. (lionair.co.id)

Solopos.com, SOLO – Menjelang momentum Lebaran, Lion Air Group menambah frekuensi pemeriksaan pesawat secara intensif. Hal itu dilakukan untuk menjaga dan memastikan keselamatan penerbangan.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, mengatakan perawatan pesawat udara adalah aspek yang sangat penting dalam menjaga keselamatan penerbangan. Perawatan pesawat udara dilakukan untuk memastikan pesawat dalam kondisi yang baik dan aman dioperasikan selama penerbangan. Perawatan tersebut mencakup pemeriksaan rutin, perbaikan dan penggantian bagian pesawat yang sudah memasuki jadwal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dalam persiapan musim ramai Lebaran, perawatan pesawat udara menjadi semakin penting karena Lion Air Group harus memastikan bahwa pesawat siap digunakan berdasarkan kapasitas lebih besar dari biasanya,” kata dia dalam rilis, Rabu (29/3/2023).

Ekspedisi Mudik 2024

Perawatan mencakup jenis Airbus 330-300, Airbus 330-900NEO, Airbus 320-200, Airbus 320-200NEO, ATR 72-500, ATR 72-600, Boeing 737-800NG, Boeing 737-900ER, Boeing 737-9 dan lainnya.

Perawatan yang dilakukan terbagi menjadi dua kategori, yakni perawatan pesawat berjadwal dan perawatan pesawat tidak terjadwal. Perawatan pesawat berjadwal dilakukan menurut jadwal yang telah ditentukan oleh maskapai sesuai referensi dan petunjuk dari pabrikan pesawat serta otoritas penerbangan. Untuk kategori tersebut meliputi pemeriksaan rutin, penggantian komponen yang telah habis masa pakainya dan perbaikan kecil.

Sedangkan perawatan pesawat tidak berjadwal dilakukan pada pesawat atau komponen pesawat sebelum dan setelah penerbangan. Termasuk perbaikan atau penggantian komponen yang membutuhkan waktu tertentu.

Disebutkan, kedua jenis perawatan harus dilakukan oleh teknisi terlatih dan berpengalaman dari Batam Aero Technic (BAT). Hal itu untuk memastikan keandalan pesawat dan mencegah terjadinya kerusakan atau kegagalan selama penerbangan. Serta membantu maskapai menghindari keterlambatan atau pembatalan penerbangan yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan penumpang.

Untuk lokasi perawatan, pesawat Lion Air Group terlaksana secara komprehensif di dua tempat utama, yaitu di hanggar (bengkel) dan di bandar udara (line maintenance).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya