Tutup Iklan

Hadapi Kasus Seperti Mobilio Rem Blong di Tawangmangu, Perhatikan Ini!

Tips hadapi kasus rem blong seperti Honda Mobilio nyungsep di Tawangmangu.

 Mobil Honda Mobilio nyungsep ke parit di kawasan Tawangmangu setelah sopir banting setir karena merasa rem blong.

SOLOPOS.COM - Mobil Honda Mobilio nyungsep ke parit di kawasan Tawangmangu setelah sopir banting setir karena merasa rem blong.

Solopos.com, SOLO – Honda Mobilio yang dikendarai Suparman, Sabtu (16/10/2021), ringsek setelah nyungsep di parit Tawangmangu disebut gegara rem blong. Sebenernya, bagaimana sistem dan teknologi yang dibekalkan di mobil Low MPV keluaran Honda ini?

Seperti diberitakan Solopos.com sebelumnya, Mobilio abu-abut berpelat nomor AD 1056 DF dikemudikan Suparman nyungsep karena banting setir. Suparman mengaku harus banting setir karena merasa rem tak bekerja normal.

Baca Juga: Rem Blong, Mobil 5 Penumpang Nyungsep ke Parit di Tawangmangu

Mengutip honda-indonesia.com, pengereman Mobilio didukung teknologi Anti Lock Braking System atau ABS. Sistem ini dibangun untuk mencegah terkuncinya roda saat pengereman mendadak.

Tekonologi ABS juga dibentuk untuk menjawab kebutuhan mobil saat melintas di permukaan licin dan menjaga kendaraan agar tetap terkendali.

“Mengapa ABS perlu? Ketika pedal rem diinjak, roda dapat terkunci bahkan sebelum kendaraan berhenti total. Dalam peristiwa ini, daya manuver kendaraan akan sangat berkurang dan terkadang hilang sama sekali, terutama bila roda depan yang terkunci,” tulis keterangan ABS dalam laman itu.

Baca Juga: Minibus Angkut 8 Penumpang Asal Demak Ngglondor di Matesih

ABS dikatakan sebagai perangkat yang terintegrasi dalam sistem pengereman. Perangkat ini terpasang di antara master silinder dan roda rem. Perangkat ini berfungsi pasif dalam pengereman normal.

Setiap as roda memiliki rotor atau piriangan bergigi 50 dan berputar dengan kecepatan sama, begitulah cara ABS menjalankan fungsinya. Ada sensor di setiap rotor yang bisa mengubah kecepatan roda menjadi impuls listrik. Setiap ipuls listrik dari empat roda dikirim ke sistem komputasi terpusat dalam kendaraan.

Di sinilah, kecepatan dan percepatan setiap roda dibandingkan. Sistem rem utama dilengkapi modulator yang mengontrol besar tenaga pengereman di setiap roda, tentu berdasarkan perintah dari komputasi ABS.

Baca Juga: Pemerintah Dorong Produksi Mobil Listrik Harga Terjangkau

Nah, lalu apa penyebab sistem ini tak bekerja alias blong? Faktor jarang melakukan perawatan disebut menjadi biang munculnya masalah dalam sistem pengereman. Tentu saja hal ini penting diperhatikan untuk menghindari sesuatu yang tak diinginkan terjadi.

Namun jika rem blong mendadak harus dihadapi, ada tips yang bisa dilakukan. Tips ini sebagaimana dibagikan oleh Honda Solo Baru.

Terus pompa rem karena dengan begitu tekananan rem bisa kembali seperti sedia kala. Jika kendaraan mendadak beralih ke ABS, tetap lakukan pompa rem. Ini disebut bakal memulihkan fungsi rem kembali.

Baca Juga: September: Brio Kalah Sama Calya, Paling Laris Sigra

Berikutnya, pengemudi juga bisa menurunkan gigi transmisi saat menghadapi kasus rem blong. Pengemudi bisa memanfaatkan engine brake untuk memperlambat kecepatan. Jika mobil yang ditunggangi tipe matik, pengemudi bisa langsung tarik tuas transmisi ke posisi 1.

Berikutnya, ada rem tangan yang bisa digunakan untuk mengendalikan laju mobil. Namun untuk menggunakan fitur ini, pengemudi harus hati-hati dan memperhatikan cara menariknya. Lakukan perlahan dan hati-hati serta perlu merasakan gigitan di bagian caliper roda.

Baca Juga: Bukan Udan Tanpo Angin, Ini Ban Tanpa Angin Michelin!

Pengemudi perlu melepas perlahan rem tangan menyesuaikan kebutuhan keamanan menurut situasi lalu lintas yang ada.

Dalam situasi rem blong, pengemudi juga disarankan untuk menekan lampu hazard serta klakson. Mematikan mesin secara langsung sangat tidak disarankan mengingat ini akan menggangu sistem kerja fungsi yang lain, termasuk rem juga.


Berita Terkait

Berita Terkini

Tips Berkendara Aman Saat Musim Hujan

Perlu diingat, mengendarai motor saat musim hujan diperlukan kewaspadaan yang lebih tinggi dibanding musim panas.

Ramalan di Balik Misi Suntik Mati Kendaraan Bensin dan Solar

Ramalan di balik skenario suntik mati kendaraan berbahan bakar minyak untuk misi pengurangan emisi karbon.

Modifikasi Toyota Yaris, Mirip Mobil Superhero Batman?

Modifikasi Toyota Yaris di Californias Amerika Serikat terbilang ekstrem sehingga terlihat nyleneh dan mirip mobil Batman.

Ini Spesifikasi Kawasaki Z800 yang Dibawa Kabur di Kartasura

Kawasaki Z800 sepeda motor sport dengan harga di atas Rp200 juta ini menarik perhatian penggemar motor gede di segmen street fighter.

40 Mobil Listrik Hyundai Dukung Pertemuan Sherpa Presidensi G20

Mobil resmi yang didukung Hyundai terdiri dari 20 unit IONIQ Electric dan 20 unit KONA Electric yang akan digunakan sebagai mobil operasional di ajang Sherpa G20.

Toyota Luncurkan All New Avanza dan All New Veloz di Candi Prambanan

Dipilihnya Candi Prambanan karena adanya semangat All New Avanza dan All New Veloz, sebagai produk MPV yang telah menemani keluarga Indonesia selama kurang lebih 18 tahun.

Matik Italia Aprilia SR GT Pesaing Honda ADV150?

Motor matik bergenre adventure kelas ringan, Honda ADV150 bakal punya pesaing, yakni Aprilia SR GT dari Italia.

Ini Kiat Lulus Ujian Teori & Praktik SIM C, Biar Enggak Bikin Malu!

Berikut ini terdapat tips dan trik agar lulus ujian teori dan praktik SIM C dengan baik. Kira-kira apa saja ya?

Juara Dunia WSBK 2021, Toprak Persembahkan Kemenangan untuk Ayah

Toprak Razgatlioglu meraih gelar juara dunia FIM Superbike World Championship 2021 dalam pertarungan seri pamungkas yang dramatis di Indonesia.

Layaknya Pesawat, Mobil Juga Dilengkapi Black Box, Ini Fungsinya

Black Box pada mobil sudah mulai dikembangkan sejak 1994. Amerika Serikat menjadi negara yang sudah menerapkan teknologi ini. Black Box pada mobil sudah mulai dikembangkan sejak 1994. Amerika Serikat menjadi negara yang sudah menerapkan teknologi ini.

Astra Motor Jateng dan Komunitas Honda CBR Dukung Pebalap Indonesia

Main Dealer Astra Motor Jawa Tengah bersama PT Astra Honda Motor (AHM) mengajak sejumlah 35 anggota komunitas CBR dalam rangkaian kegiatan “Mandalika World Superbike 2021.

Capaian Positif Mitsubishi Motors di Ajang GIIAS 2021

Partisipasi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), pada ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 mendapat sambutan positif.

Ini Bukti Hyundai Mantap Pimpin Era Elektrifikasi di Indonesia

Selama event GIIAS 2021, Hyundai menampilkan jajaran produk EV andalan, yaitu KONA Electric dan IONIQ Electric.

Menjawab Rasa Penasaran Platform DNGA di Daihatsu All New Xenia

Desain mobilnya pun mengikuti gaya hidup modern yang stylish, ini pula yang terasa di Daihatsu All New Xenia.

Yuk Intip Koleksi Mobil Ole Gunnar Solskjaer yang Baru Dipecat MU

Mantan manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer dikenal memiliki koleksi kendaraan, khususnya mobil yang cukup mewah.

Mengenal Hyundai Creta: Produksi Dalam Negeri, Fitur Bisa Pilih Sendiri

Hyundai menawarkan berbagai fitur canggih yang menjadikan Creta sebagai produk unggulan dan terdepan di kelasnya.