SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jeddah — Pemerintah Indonesia mendesak kepada negara-negara peserta Organisasi Konferensi Islam (OKI) untuk memobilisasi seluruh elemen global bukan hanya mengutuk tindakan keji dan pengecut Israel. Indonesia juga minta Israel bertanggung jawab terhadap tindakannya dan memastikan pengakhiran blokade yang dilakukan oleh Israel atas jalur Gaza.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa dalam pertemuan darurat OKI tingkat Menteri Luar Negeri yang diselenggarakan di markas besar OKI di Jeddah, Saudi Arabia, Minggu (6/6).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menlu juga menyerukan kepada seluruh masyarakat dunia khususnya peserta OKI untuk tidak hanya menyampaikan kata-kata saja, melainkan langkah tegas menyikapi tindakan Israel yang menyerang sukarelawan kemanusiaan.

Indonesia, dalam kesempatan ini menyampaikan 5 hal yang harus dilakukan masyarakat internasional dalam menyikapi tindakan dan serangan tersebut.

“Pertama, memastikan bahwa Israel segera membebaskan seluruh para sukarelawan yang masih ditahan dan memfasilitasi kepulangan mereka dengan selamat ke tanah air mereka masing-masing,” kata Marty seperti rilis yang diterima detikcom dari Kementerian Luar Negeri, Minggu (6/6).

Kedua, menurut Marty, memastikan bahwa Israel harus bertanggungjawab terhadap tindakannya. “Ketiga, menyampaikan satu pesan yang jelas untuk menuntut Israel segera tanpa ditunda lagi, mengakhiri blokadenya di jalur Gaza, wilayah Palestina yang diduduki, yang telah menyebabkan krisis kemanusiaan yang mendalam,” imbuhnya.

Keempat, memastikan Israel menghentikan seluruh tindakan yang bertentangan dengan hukum internasional dan seluruh resolusi Dewan Keamanan PBB. Serta yang terakhir, memastikan adanya perkembangan yang signifikan dalam proses perdamaian yang menuju pada direalisasikan berdirinya negara Palestina yang merdeka.

dtc/tya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya