SOLOPOS.COM - Gol salto spektakuler Widodo Cahyono Putro ke gawang Kuwait pada laga perdana Piala Asia 1996 tercatat sebagai gol terbaik Piala Asia hingga hari ini. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Tim Nasional Indonesia tidak pernah kalah di laga perdana dalam empat kali keiikutsertaan di Piala Asia sejak tahun 1996 silam.

Indonesia menang dua kali dan imbang dua kali melawan tim dari Timur Tengah.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Indonesia kembali akan menjalani laga perdana yang menentukan di Piala Asia 2023 Qatar melawan Irak, Senin (15/1/2024) pukul 21.30 WIB.

Jika mendapatkan minimal satu poin dalam laga ini, kepercayaan diri Skuat Garuda akan meningkat menghadapi laga kedua versus Vietnam, Jumat (19/1/2024).

Pelatih Shin Tae-yong menargetkan memperoleh empat poin dalam laga di fase grup untuk bisa lolos ke babak 16 besar.

Target Shin Tae-yong didukung oleh fakta, Indonesia belum pernah kalah di laga perdana dalam empat kali keiikutsertaan di Piala Asia.

Berdasarkan dokumentasi Solopos.com, Indonesia empat kali ikut serta dalam Piala Asia yang digelar sejak tahun 1956.

Perinciannya, tiga kali Indonesia lolos kualifikasi dan satu kali sebagai tuan rumah.

Tiap berpartisipasi di Piala Asia, Indonesia tidak pernah kalah di laga pembuka grup. Uniknya, semua lawannya berasal dari Timur Tengah

Penampilan pertama Timnas Indonesia terjadi pada edisi 1996 yang berlangsung di Uni Emirat Arab.

Dalam penampilan perdana di Piala Asia tersebut Indonesia menahan imbang Kuwait 2-2. Pada laga ini tercipta gol salto spektakuler Widodo Cahyono Putro yang tercatat sebagai gol terbaik Piala Asia hingga sekarang.

Indonesia kembali menahan imbang Kuwait 0-0 pada edisi Piala Asia 2000 yang digelar di Lebanon.

Pada edisi Piala Asia 2004 di China, Indonesia mengalahkan Qatar 2-1. Saat tampil sebagai tuan rumah tahun 2007, Bambang Pamungkas dkk. mengalahkan Bahrain 2-1.

Sayangnya, Indonesia belum pernah lolos dari fase grup dalam empat kali keikutsertaan di Piala Asia.

Setelah empat kali beruntun tampil di ajang Piala Asia (1996, 2000, 2004, dan 2007), skuad Merah Putih harus absen cukup lama.

Mereka gagal tampil pada dua kualifikasi berikutnya, yakni Piala Asia 2011 dan 2015, lalu pada edisi 2019 didiskualifikasi AFC lantaran hukuman FIFA.

Indonesia akhirnya bisa kembali tampil di Piala Asia setelah lolos kualifikasi di Kuwait pada Juni 2022.

Indonesia tampil sebagai peringkat dua terbaik di bawah Yordania hasil dari menang 2-1 versus Kuwait, kalah 0-1 dari Yordania dan menang 7-0 atas Nepal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya