Hadapi 2021, Candi Elektronik Optimistis Penjualan Lebih Baik
Candi Elektronik optimistis bisa mencatatkan capaian penjualan yang lebih baik pada 2021. (Farida Trisnaningtyas/Solopos)

Solopos.com, SOLO—Dampak pandemi Covid-19 mengakibatkan daya beli masyarakat menurun dan tidak berani belanja keluar rumah sepanjang 2020.

Masa sulit itu juga dirasakan oleh Candi Elektronik, ditambah musibah kebakaran besar pada pertengahan tahun ini. Meskipun demikian, Candi Elektronik optimistis bisa mencatatkan capaian penjualan yang lebih baik pada 2021.

CEO Candi Elektronik, Ardian Ayat Santiko, mengatakan rangkaian peristiwa yang dialaminya menjadi momentum untuk bangkit bagi seluruh keluarga besar Candi Elektronik.

Meski dalam kondisi pandemi, Candi Elektronik optimistis bisa mencatatkan capaian penjualan yang lebih baik pada 2021. (Farida Trisnaningtyas/Solopos)
Meski dalam kondisi pandemi, Candi Elektronik optimistis bisa mencatatkan capaian penjualan yang lebih baik pada 2021. (Farida Trisnaningtyas/Solopos)

Menurutnya, Candi Elektronik tetap memberikan pelayanan konsumen dengan membuka toko baru di Jalan Slamet Riyadi No 310 Solo atau di depan Solo Grand Mall (SGM) pasca kebakaran. Optimisme pun kian terpupuk dengan kembali dibangunnya toko yang terbakar mulai 1 September 2020 lalu. Pihaknya pun menargetkan toko bisa kembali dibuka pada April 2021 mendatang.

Tak bisa dimungkiri, terkait musibah kebakaran Candi Elektronik mengalami kerugian sangat besar. Setelah pihaknya memperhitungkan dengan cermat, total kerugian yang dialami akibat kebakaran tersebut cukup besar. Musibah seperti ini tidak pernah ia bayangkan akan terjadi sebelumnya.

Punya Nyanyian Unik, Populasi Paus Biru Baru Ditemukan Di Samudra Hindia

“Kami bersyukur karena telah mengasuransikan Candi Elektronik ini sebelumnya, meskipun kerugian yang kami alami melebihi dari yang dikaver polis asuransi. Kami juga ingin menyampaikan terima kasih kepada Kresna Insurance sebagai mitra asuransi yang telah bertindak responsif atas kejadian ini, sesuai komitmen mereka sehingga proses pencairan klaim kami dapat diselesaikan dengan baik. Pembayaran klaim mencapai 90% dari total polis kami keseluruhan, sementara 10% sisanya merupakan risiko kami,” ujar dia, saat ditemui Solopos.com, Selasa (29/12/2020).

Pengawasan Gedung

Meski dalam kondisi pandemi, Candi Elektronik optimistis bisa mencatatkan capaian penjualan yang lebih baik pada 2021. (Farida Trisnaningtyas/Solopos)
Meski dalam kondisi pandemi, Candi Elektronik optimistis bisa mencatatkan capaian penjualan yang lebih baik pada 2021. (Farida Trisnaningtyas/Solopos)

Ia menambahkan ke depan pihaknya bakal terus-menerus melakukan pengawasan terhadap gedung yang dipakai dengan membuat pengamanan berlapis. Hal ini untuk mencegah kebakaran, antara lain adanya alat otomatis untuk mematikan api dan pengecekan seluruh kabel listrik secara periodik.

“Pelayanan, kenyamanan, dan keselamatan konsumen dan karyawan merupakan prioritas utama kami,” imbuh dia.

Ardian menjelaskan toko elektronik miliknya ini berdiri pada 2011. Menurutnya, sejak awal hadir di tengah masyarakat tokonya selalu berinovasi dan pintar-pintar membaca keinginan pasar. Selain itu, pihaknya juga selalu melakukan review vendor, vendor yang dinilai kurang bagus kemudian diganti.

Ia menggarisbawahi tipikal konsumen Soloraya itu suka diorangkan, maka mereka mesti dihargai atau nguwongke dalam bahasa Jawa. Candi Elektronik pun berusaha melayani konsumen dengan baik. Antara lain, pengiriman cepat dan tanggap terhadap komplain. Inilah yang membuat konsumen tokonya loyal dan bertambah setiap tahunnya.

Di sisi lain, pihaknya menilai konsumen Soloraya tergolong cukup loyal. Mereka yang membeli produknya rata-rata kembali melakukan pemesanan. Dengan demikian, jumlah konsumen terus bertambah sehingga membukukan pertumbuhan penjualan double digit setiap tahunnya.

Harga Kedelai Naik, Produsen Tahu Tempe Kurangi Ukuran Produk

Diakui, kebakaran toko pada Selasa (9/6/2020) dini hari WIB, menjadi musibah terberatnya di tengah tantangan lain adanya pandemi. Meskipun begitu, bisnis tetap berlanjut. Selain menempati toko baru, Candi Elektronik mengandalkan penjualan online melalui media sosial hingga market place. Antara lain, di e-commerce Tokopedia @Candi Elektronik Solo dan Shopee @Candi Elektronik. Ada pula layanan Whatsapp pembelian daring pada nomor 082289903000.

“Kami optimistis sesuai data kami penjualan online naik 5 kali lipat sebelum atau sesudah pandemi. Sekarang pun trennya masih stabil naik. Selain itu, market ini shifting ke online sehingga pasarnya makin besar. Konsumen kami juga meluas,” jelas dia.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom