SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kepahiang [SPFM], Habitat bunga Rafflesia arnoldii di Hutan Lindung Bukit Daun, Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu, terancam perambahan. Ketua Tim Peduli Puspa Langka Holidin, Minggu (13/11) mengtakan, jika tidak dijaga, bukan tidak mungkin habitat tersebut rusak. Holidin menambahkan, lokasi mekarnya bunga Rafflesia saat ini sudah dikelilingi kebun kopi dan kemiri yang merupakan hutan kemasyarakatan. Hutan kemasyarakatan ialah hutan yang telanjur dirambah warga yang kemudian dihijaukan kembali dengan ditanami tanaman tertentu.

Rencana pembukaan kembali hutan kemasyarakatan, dinilai Holdin telah memicu masyarakat membuka hutan yang utuh. Holidin mengaku khawatir jika perambahan dibiarkan, maka akan mengancam habitat Rafflesia. Padahal, sepanjang tahun 2011 saja sudah 12 bunga Rafflesia mekar di Hutan Lindung Bukit Daun. Jumlah ini akan terus bertambah mengingat masih ada 15 bonggol lagi yang bakal mekar. [kcm/dev]

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya