Ilustrasi orang hamil. (Reuters)

Solopos.com, SOLO — Tak jarang pasangan yang baru menikah segera mendapatkan momongan. Berbagai macam cara dilakukan beberapa pasangan agar pernikahannya lekas menghasilkan buah cinta.

Tak jarang pula orang tua atau mertua mendesak anak atau menantunya untuk lekas hamil. Stres? Tenang, berikut ada beberapa tips yang dirangkum Solopos.com dari Detik.com:

1. Asam Folat
Bagi wanita, dianjurkan meminum suplemen atau makanan yang mengandung asam folat. Studi menunjukkan wanita yang mendapatkan 400 mikrogram atau 0,4 mg asam folat setiap hari sebelum pembuahan dan selama awal kehamilan mengurangi risiko melahirkan bayi dengan cacat tabung saraf hingga 70%.

2. Masa Subur
Nah, setelah mengonsumsi asam folat, wajib bagi wanita mengetahui masa subur. Bercinta saat masa subur meningkatkan potensi kehamilan. Anda dan pasangan bisa menggunakan alat pengecek masa subur jika kesulitan menghitung masa subur secara manual.

3. Waktu Bercinta
Luangkan waktu beberapa hari saat masa subur untuk bercinta. Sperma bisa bertahan selama 5 hari hingga 6 hari setelah dikeluarkan dan meluncur ke rahim. Sedangkan sel telur hanya bisa bertahan selama beberapa hari saja. Misal Anda bercinta di hari Senin, sperma bisa bertahan di tuba fallopi, menunggu sel telur untuk berenang, sampai Kamis atau bahkan sampai Minggu.

4. Berbaring Setelah Bercinta
Penelitian di Amsterdam pada 2009 menemukan wanita yang tetap berbaring terlentang selama 15 menit setelah pasangannya mengalami ejakulasi, 50% lebih besar kemungkinannya bisa hamil. Sedangkan wanita yang langsung bangun setelah bercinta, kemungkinan terjadinya pembuahan lebih kecil karena sperma bisa keluar lagi.

5. Nikmati
Saat ingin cepat hamil, tak jarang wanita merasa cemas atau gelisah. Saat stres, bagian otak yang mengatur hormon kesuburan, tidak akan berfungsi dengan baik. Karena itu, masa ovulasi pun bisa tertunda atau bahkan tidak terjadi sama sekali. Ovulasi merupakan proses pelepasan sel telur dari dalam rahim menuju ke tuba fallopi untuk dibuahi. Jadi sebisa mungkin sebaiknya tidak sampai stres saat menjalani program kehamilan dan nikmati saja!

6. Siapkan Pasangan
Saat memulai program kehamilan, bukan hanya wanita yang harus capek-capek persiapan, laki-laki pun wajib siap-siap. Pria harus mempersiapkan diri agar bisa mengeluarkan sperma yang berkualitas saat ejakulasi. Berhenti minum alkohol, berhenti merokok, makan makanan bernutrisi, menghindari sauna dan berendam di air panas bisa meningkatkan kualitas sperma.

Itu tadi beberapa tips agar cepat hamil bagi pasangan yang sudah menikah. Tak perlu stres, nikmati prosesnya, jaga asupan makanan, dan semoga cepat hamil!

Sumber: Detik.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten