SOLOPOS.COM - Sebanyak 25 sekretaris kecamatan di Kabupaten Wonogiri menerima kendaraan dinas baru Yamaha Aerox di halaman Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Selasa (16/4/2024). (Solopos/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri memberikan kendaraan dinas baru berupa sepeda motor Yamaha Aerox kepada 25 sekretaris kecamatan atau sekcam di halaman Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Selasa (16/4/2024).

Kendaraan dinas baru itu diharapkan bisa membantu meningkatkan pelayanan masyarakat di tingkat kecamatan. Sekretaris Daerah Wonogiri, Haryono, saat ditemui Solopos.com di kantornya, mengatakan setiap sekcam di Wonogiri menerima kendaraan dinas baru.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kendaraan dinas itu yaitu sepeda motor Yamaha Aerox keluaran 2024 seharga Rp27,8 juta/unit. Sehingga anggaran yang digelontorkan Pemkab Wonogiri untuk pengadaan kendaraan dinas tersebut sekitar Rp695 juta.

Menurut Haryono, sekcam merupakan jabatan struktural setingkat eselon III. Pengadaan kendaraan dinas baru itu untuk mendukung, memudahkan kerja sekcam di Wonogiri, sekaligus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di tingkat kecamatan.

”Sekcam ini seperti orang nomor dua di kecamatan setelah camat. Tugas dan fungsinya strategis dan penting. Semua hal tata administrasi, keuangan, hingga sumber daya manusia di tingkat kecamatan mereka yang mengerjakan, sehingga mobilitasnya tinggi,” kata Haryono.

Dia menambahkan sekcam juga bertanggung jawab mengoordinasikan semua tata administrasi antara kecamatan dengan desa/kelurahan. Mereka juga bisa berperan sebagai wakil dari camat.

Mengingat hal itu, fasilitas kendaraan sepeda motor dinas yang diberikan kepada sekcam itu bukan sesuatu yang berlebihan. Lagi pula, kata dia, melihat keuangan APBD Wonogiri, pengadaan sepeda motor dinas baru untuk sekcam itu masih memungkinkan tanpa mengganggu program prioritas lain.

Di sisi lain, selama ini sekcam memang tidak memiliki kendaraan inventaris dinas meski tugas dan fungsinya sangat strategis. Haryono menyebutkan tidak semua sekcam di kabupaten/kota lain mendapatkan fasilitas serupa. Hal itu sesuai dengan kebijakan dan kemampuan keuangan daerah masing-masing.

Meningkatkan Fungsi Pelayanan

“Fasilitas ini sebenarnya sebagai dukungan sekaligus penghargaan kepada sekcam untuk bekerja sesuai tugas dan fungsi. Prinsipnya, penggunaan fasilitas ini untuk mendukung kesejahteraan masyarakat. Adanya fasilitas ini untuk meningkatkan fungsi pelayanan masyarakat,” jelas dia.

Pantauan Solopos.com, 25 kendaraan dinas baru diserahkan kepada sekcam selepas acara halalbihalal para pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Sekretariat Daerah Wonogiri dan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD).

Setelah menerima kendaraan dinas itu, para sekcam langsung membawanya ke wilayah kerja masing-masing di kecamatan. Sepeda motor itu berwarna merah bercorak hitam dan putih.

Sekretaris Kecamatan Jatisrono, Danang Sugiatmoko, mengatakan kendaraan dinas itu bakal digunakan untuk membantu kerja-kerja pelayanan masyarakat di Kecamatan Jatisrono. Menurutnya, baru kali pertama ini sekcam diberikan fasilitas kendaraan dinas.

“Tentu kendaraan ini akan digunakan untuk membantu mobilitas dalam pelayanan masyarakat. Apalagi di Jatisrono kan ada 17 desa/kelurahan,” ujar dia.

Camat Jatisrono, Trisnadi Tulus, menyampaikan tugas dan fungsi sekcam cukup banyak. Mereka yang mengatur semua tata administrasi dalam kecamatan. Selain itu, mereka juga kerap mewakili camat dalam kegiatan atau acara tertentu saat camat berhalangan hadir.

”Kalau camat kan sudah ada fasilitas kendaraan mobil dinas, kali ini untuk sekcam diberikan kendaraan dinas sepeda motor. Bukan apa-apa, itu sebagai fasilitas untuk melayani masyarakat,” kata Trisnadi.

Catatan Solopos.com, pada tahun sebelumnya, Pemkab Wonogiri memberikan kendaraan dinas sepeda motor Yamaha Nmax kepada 294 kepala desa/lurah di Wonogiri. Pada saat itu, Pemkab Wonogiri menggelontorkan anggaran sekitar Rp9,4 miliar.

Pengadaan kendaraan dinas kala itu disebut untuk mendukung kinerja kepala desa. Di samping itu, kendaraan dinas kepala desa sudah belasan tahun belum diganti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya