SOLOPOS.COM - Ekspresi para pemain Italia setelah gagal membawa timnya lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 setelah kalah 0-1 dari Makedonia Utara di babak play-off pada 25 Maret 2022. (Antara/Reuters/Guglielmo Mangiapane)

Solopos.com, PALERMO—Juara Euro 2020 Italia tidak lolos ke Piala Dunia 2022 setelah tersingkir di play-off seusai dikalahkan Makedonia Utara 0-1 di Stadio Renzo Barbera, Palermo, Italia, pada Jumat (25/3/2022) dini hari WIB.

Berdasarkan catatan di laman resmi FIFA, tim tamu berhasil mencetak gol secara dramatis berkat tendangan Aleksandar Trajkovski beberapa menit sebelum laga bubar.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Kemenangan ini membuat Makadonia Utara melaju ke final play-off dan menghadapai Portugal yang sukses menyingkirkan Turki dengan skor 3-1.

Baca Juga: Dipanggil Timnas Italia Lagi, Balotelli: Saya 31 Tahun, Itu Normal

Sebelumnya Italia juga tidak tampil di Piala Dunia 2018 melalui cara yang hampir sama. Gagal lolos otomatis dari fase grup kualifikasi, mereka harus menjalani babak playoff.

Saat itu Italia melawan Swedia dengan format kandang tandang. Imbang 0-0 di leg pertama di Stadion Giuseppe Meazza, mereka kalah 0-1 ketika bertandang ke Friends Arena.

Hal ini merupakan catatan buruk Italia selepas menjadi juara Euro 2020. Italia tampil sebagai jawara Eropa setelah pada final Juli 2021 lalu, mereka mengalahkan Inggris lewat adu penalti.

Baca Juga: Menangkan Negosiasi, Timnas Italia Akhirnya Boleh Rayakan Gelar Juara Euro 2020

“Saya sangat kecewa, tidak ada yang bisa saya katakan. Sesuatu yang luar biasa terjadi malam ini. Kami pantas memenangkan Euro, sekarang kami benar-benar tidak beruntung, Saya minta maaf,” ucap pelatih Italia, Roberto Mancini, seusai pertandingan seperti dikutip dari Rai Sport.

Gli Azzurri, julukan Italia, sebenarnya tampil agresif sejak awal pertandingan. Namun, meski mendominasi, tuan rumah kesulitan membongkar pertahanan Makedonia Utara.

Italia mendapat peluang pada menit ke-30. Kiper Makedonia Utara Stole Dimitrievski melakukan kesalahan dengan memberikan bola kepada Domenico Berardi, tetapi tendangannya masih terlalu lemah dan bisa dihentikan kiper Stole Dimitrievski

Baca Juga: Dipanggil Timnas Italia Lagi, Balotelli: Saya 31 Tahun, Itu Normal

Italia terus menggempur pertahanan Makedonia Utara. Marco Verratti menyodorkan bola kepada Ciro Immobile yang kemudian diselesaikan dengan tembakan kaki kiri. Namun, Dimitrievski masih bisa menepisnya.

Kemudian Lorenzo Insigne melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Namun, bola ditepis oleh Dimitrievski dan hanya menghasilkan sepak pojok untuk Italia.

Makedonia Utara bukan tanpa peluang. Bardi memberikan umpan terobosan kepada Trajkovski yang kemudian diteruskan dengan tendangan ke gawang. Sayang bola masih bisa diantisipasi oleh Donnarumma. Babak pertama pun berakhir dengan skor 0-0.

Baca Juga: Atasi Inggris Lewat Adu Penalti 3-2, Italia Juara Euro 2020

 

Petaka Italia

Di awal babak kedua, Italia masih kesulitan membongkar pertahanan Makedonia Utara. Beberapa upaya Italia kerap diblok barisan pertahanan tim tamu.

Berardi mendapat sejumlah peluang, tetapi tidak membuahkan berbuah gol. Salah satu tembakannya masih mengarah ke kiper Makedonia Utara.

Kegagalan Italia memanfaatkan peluang-peluang itu akhirnya harus dibayar mahal oleh mereka karena tim tamu sukses mencetak gol di masa injury time atau tepatnya menit ke-90+2.

Baca Juga: Perayaan Italia Juara Piala Eropa 2020 Telan Korban Jiwa

Berawal dari tendangan gawang, pemain Makedonia Utara memenangi duel udara di lapangan tengah dan bola jatuh ke kaki Trajkovski yang kemudian melepaskan tembakan dari luar kotak penalti hingga gagal dijangkau oleh Donnarumma. Skor menjadi 1-0.

Italia mencoba melancarkan serangan untuk menyamakan kedudukan, tetapi Makedonia Utara sukses mempertahankan keunggulannya sampai peluit panjang dibunyikan.

 



Susunan Pemain Italia vs Makedonia Utara:

Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Alessandro Florenzi, Alessandro Bastoni, Gianluca Mancini (Giorgio Chiellini 90′), Emerson; Nicolo Barella (Sandro Tonali 77′), Jorginho, Marco Verratti; Domenico Berardi (Joao Pedro 89′), Ciro Immobile (Lorenzo Pellegrini 77′), Lorenzo Insigne (Giacomo Raspadori 64′).

Makedonia Utara (4-4-2): Stole Dimitrievski; Stefan Ristovski, Darko Velkoski, Visar Musliu, Ezgjan Alioski; Darko Churlinov, Arijan Ademi (Stefan Askovski 59′), Enis Bardhi, Boban Nikolov (Stefan Spirovski 59′); Aleksandar Trajkovski, Milan Ristovski (Bojan Miovski 72′).

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya