SOLOPOS.COM - CEO Lenovo Yuanqing Yang (Lenovo.com)

Solopos.com, HONG KONG — Raksasa Internet dan software dunia, Google Inc, ternyata telah membeli 5.94 persen saham perusahaan gadget China yang sedang naik daun, Lenovo. Berdasarkan dokumen di bursa efek Hong Kong, pembelian saham senilai US$750 juta ini sudah dilakukan bulan lalu

“Google mendapatkan 618,3 juta lembar saham Lenovo dengan harga US$1,213 per lembar pada 30 Januari,” sebut laporan tersebut, Rabu (5/2/2014).

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Kabar ini cukup mengejutkan mengingat Google baru saja menjual Motorola (yang sudah menjadi salah satu divisi) kepada Lenovo pekan lalu senilai US$2,91 miliar. Akuisisi Motorola oleh Lenovo ini tercatat sebagai pembelian terbesar perusahaan China dan mengukuhkan nama Lenovo dalam persaingan di pasar handset Amerika yang masih didominasi Apple Inc.

Langkah ini disebut sebagai tumpuan Lenovo untuk memasuki pasar perangkat komputer. Sebelumnya Lenovo juga telah bermanuver dengan membeli server kelas low end IBM senilai US$2,3 miliar.

Bagi Google, penjualan Motorola juga memberikan dampak positif. Harga saham Google naik 2,2 persen menjadi US$1,131 hanya dalam waktu satu jam sejak penjualan Motorola ke Lenovo.

Google beli Lenovo, google jual Motorola, saham Lenovo, Lenovo akuisisi motorola

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya