SOLOPOS.COM - Ilustrasi Virus Corona (Freepik)

Solopos.com, KULONPROGO -- Seorang bayi berumur 4 bulan di Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menjadi pasien pengawasan atau PDP virus corona. Hal itu diungkapkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo, Sri Budi Utami.

Bayi laki-laki yang merupakan PDP di Wates ini sudah dirawat sejak tiga hari yang lalu. Saat ini pihak RSUD Wates masih menunggu hasil lab untuk diketahui statusnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Memang ada satu lagi PDP yang sekarang masih dirawat di RSUD Wates," Kata Sri Budi saat jumpa pers bersama awak media, Jumat (20/3/2020).

Misteri Virus Corona di Seminar Bogor, Panitia Tak Bisa Ditemukan

Ekspedisi Mudik 2024

Sri Budi mengungkapkan bahwa memang sebelumnya bayi tersebut memiliki riwayat berpergian ke kota terjangkit. Pihaknya mengkategorikan bayi di Kulonprogo tersebut sebagai PDP virus corona, sebagai langkah kewaspadaan karena.

Diketahui. sejak pulang dari kota terjangkit, bayi itu lantas mengalami gejala seperti panas dan agak sesak napas.

Terkait orang tua sang bayi, pihaknya mengatakan bahwa keduanya dalam kondisi baik dan tidak menunjukkan gejala apapun. Meskipun begitu keduanya tetap dimasukkan ke dalam kategori Orang Dalam Catatan (ODC).

Tak Semua Bisa Ikut Tes Massal Virus Corona, Ini Kriterianya

"Hanya bayinya yang diisolasi, hanya jika ada keperluan tertentu orang tuanya masuk untuk mendampingi, jadi memang meminimalkan kontak walaupun itu keluarganya," ungkapnya.

Selain orang tua bayi PDP virus corona itu, dia mengungkapkan terdapat 166 kasus Orang Dalam Catatan di Kulonprogo yang merupakan angka kumulatif sejak awal Februari lalu. Sedangkan untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 20 orang dan saat ini sedang mengisolasi diri di rumah masing-masing.

Deteksi Corona, Ini Orang-Orang yang Wajib Periksa ke Rumah Sakit

"Untuk kasus PDP yang berjumlah dua orang dengan rincian, satu pasien sempat dirujuk ke RSUD dr. Sardjito dan sudah dinyatakan negatif. Sementara masih ada satu yang masih dirawat di RSUD Wates. Terkait kasus probable dan confirm positif sampai saat ini tidak ada," ujarnya.

Kondisi Bayi

Ia menekankan bahwa masyarakat juga memiliki peran penting dalam langkah pencegahan penyebaran virus corona saat ini. Dengan melakukan social distancing atau karantina sosial dan selalu menjaga kebersihan diri sendiri adalah langkah preventif yang sangat efektif dalam kondisi sekarang ini.

Deteksi Corona, Ini Orang-Orang yang Wajib Periksa ke Rumah Sakit

Sri menerangkan kondisi bayi di Kulonprogo PDP virus corona tersebut saat ini stabil. Uji lab juga telah dilakukan, namun hingga saat ini hasilnya belum keluar. "Kami mohon doanya semoga hasilnya baik," harap Sri.

Terkait orang tua bayi, Sri menyebut jika kondisi mereka sehat dan tidak menunjukkan adanya gejala penyakit. Kendati begitu, orang tua bayi itu tetap dalam pemantauan Dinkes, dan kini sudah ditetapkan sebagai orang dalam catatan (ODC).

"Orang tuanya juga sudah kami minta berjarak dengan pasien, hanya mendampingi pasien saat hal-hal tertentu saja," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya