SOLOPOS.COM - Habibie mengunjungi Presiden Jokowi (Istimewa)

Habibie pamit kepada Presiden Jokowi sebelum berangkat ke Jerman.

Solopos.com, JAKARTA — Presiden RI ke-3 B.J. Habibie bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk berpamitan jelang kepergiannya ke Jerman untuk mengadiri ajang Frankfurt Book Fair (FBF) dan menjalani pengobatan lutut.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Seusai pertemuan, Habibie menuturkan dalam ajang FBF 2015, dirinya menjadi pembicara dalam bedah buku karya Franz Magnis Suseno yang diterbitkan dalam bahasa Jerman pada 1989. Buku itu berjudul Neue Schwingen fur Garuda: Indonesien zwischen Tradition und Moderne.

“Buku dari Romo Magnis Suseno dalam bahasa Jerman ini mengenai Indonesia modern,” tuturnya di Istana Merdeka, Selasa (13/10).

Habibie menambahkan dalam buku tersebut, Romo Magnis secara detail mengungkap data mengenai peristiwa referendum Timor Timur lepas dari NKRI. Termasuk dari perspektif keagamaan saat terjadi pembaptisan warga Timtim menjadi kristiani.

Buku setebal lebih dari 200 halaman itu akan dibedah di paviliun Indonesia pada tanggal 18 Oktober 2015 atau hari penutupan FBF 2015. Dalam FBF 2015 ini Indonesia terpilih sebagai tamu kehormatan (guest of honor).

Selain menghadiri FBF 2015, Habibie juga akan menjadi pembicara dalam diskusi Islam modern, serta diskusi integrasi pendatang dari Timur Tengah dalam masyarakat Jerman. “Saya akan ke Jerman sekaligus sambil menyelam minum air. Saya sehat tapi sehat orang tua lututnya sakit, jadi saya manfaatkan untuk berobat,” imbuhnya.

Habibie rencananya akan berada di Jerman sekitar dua bulan dan kembali ke Tanah Air pada 29 Desember 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya