SOLOPOS.COM - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (kiri) bersama Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie (ketiga kiri), Ibu Negara Ny Ani Yudhoyono (kedua kanan) dan Ibu Herawati Boediono melambaikan tangan saat tiba di XXI Epicentrum untuk menyaksikan tayangan perdana dari film "Habibie & Ainun" di Jakarta, Senin (17/12/2012). (JIBI/SOLOPOS/ANTARA/Widodo S. Jusuf)

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (kiri) bersama Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie (ketiga kiri), Ibu Negara Ny Ani Yudhoyono (kedua kanan) dan Ibu Herawati Boediono melambaikan tangan saat tiba di XXI Epicentrum untuk menyaksikan tayangan perdana dari film “Habibie & Ainun” di Jakarta, Senin (17/12/2012). (JIBI/SOLOPOS/ANTARA/Widodo S. Jusuf)

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menitikkan air mata. Orang nomor satu di Negeri ini tak kuasa menahan tangis seusai menyaksikan film Habibie & Ainun, di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Senin (17/12/2012).

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

SBY yang mengenakan batik berwarna hijau mengaku terharu dengan kisah BJ Habibie dan Ainun yang romantis sekaligus menginspirasi. Bahkan SBY mengajak para hadirin untuk mengheningkan cipta untuk Ibu Ainun Habibie yang sudah berpulang.

“Sebelum saya menyampaikan satu dua patah kata, pada kesempatan baik penuh rasa haru ini, saya ajak Saudara mengheningkan cipta dan berdoa pada Ibu Ainun, semoga hidup tenang di sisi Allah,” papar SBY.

SBY pun terlihat mengelap wajahnya dengan sapu tangan. Setelah itu, suami Ani Yudhoyono itu berpidato. Suaranya terdengar lirih.

Presiden Yudhoyono, memang diundang khusus menyaksikan film besutan sutradara Hanung Bramantyo yang berkisah tentang perjalanan cinta Presiden ketiga Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie dan istrinya Hasri Ainun Besari.

Selain meminta seluruh tamu undangan untuk memanjatkan doa terhadap Ibu Ainun, Presiden juga berharap agar pihak-pihak yang telah menyaksikan film tersebut mampu mengambil pelajaran dari pasangan tersebut.

“Pelajaran yang dalam bagi siapapun yang menjalani kehidupan berumah tangga, love, sharing dan caring,” katanya.

Kepala Negara menyaksikan film berdurasi sekitar dua jam itu dengan didampingi oleh Wakil Presiden Boediono, Ibu Herawati Boediono dan sejumlah menteri kabinet Indonesia Bersatu II antara lain Menko Perekonomian Hatta Rajasa; Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, M Nuh dan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, yang masing-masing hadir bersama pasangan masing-masing.

Film Habibie & Ainun itu dibuat berdasarkan buku berjudul sama yang diterbitkan pada 2010 yang lebih kurang berisi perjalanan cinta pertama dan terakhir pasangan tersebut. Turut hadir pula BJ Habibie dan mantan wakil presiden Try Soetrisno.

Kisah cinta pasangan itu berawal dari pertemuan kembali teman masa SMA, Rudy Habibie (BJ Habibie) dengan Hasri Ainun di kediaman ayah Ainun di Bandung pada 1962, sepulangnya Habibie menyelesaikan pendidikannya di Jerman.

Selang tiga bulan kemudian tepatnya pada 12 Mei 1962 pasangan itu pun menikah dan babak baru kehidupan Ainun di perantauan sebagai istri seorang calon doktor muda di Jerman pun dimulai.

Sebagaimana bukunya, film itu menuturkan perjuangan pasangan muda itu mewujudkan mimpinya di Jerman hingga kembali ke Indonesia, menjadi pasangan nomor satu di negeri ini hingga kemudian maut memisahkan mereka saat Ibu Ainun Habibie harus menyerah pada penyakit kanker.

Untuk memerankan sosok Habibie, Hanung menunjuk aktor Reza Rahardian sedangkan penyanyi Bunga Citra Lestari didapuk sebagai Hasri Ainun. Selain mereka, sejumlah bintang film papan atas Indonesia juga turut ambil bagian dalam film yang akan mulai menghiasi bioskop Indonesia pada 20 Desember mendatang itu, antara lain Lukman Sardi dan Agus Kuncoro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya