H+3 Operasi Zebra Candi 2022 di Karanganyar, Terbanyak Pelanggar Tak Pakai Helm

Hingga hari ketiga pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2022 di Polres Karanganyar, pengendara tanpa helm menjadi pelanggar terbanyak.

 Kapolres Karangayar AKBP Danang Kuswoyo mermasang pita kepada petugas Operasi Zebra Candi 2022 di Lapangan Wirasatya Polres Karanganyar, Senin (3/10/2022). (Istimewa/Polres Karanganyar)

SOLOPOS.COM - Kapolres Karangayar AKBP Danang Kuswoyo mermasang pita kepada petugas Operasi Zebra Candi 2022 di Lapangan Wirasatya Polres Karanganyar, Senin (3/10/2022). (Istimewa/Polres Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR—Hingga hari ketiga Operasi Zebra Candi 2022 atau hingga Rabu (6/10/2022), Polres Karanganyar telah menindak 694 pelanggaran lalu lintas. Pelanggaran didominasi oleh pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm.

Kasatlantas Polres Karanganyar AKP Yulianto melalui Kaur Bin Ops Satlantas, Iptu Anggoro Wahyu Setiabudi mengatakan penindakan dilakukan salah satunya dengan penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) bergerak (mobile).

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Melalui kamera petugas, pelanggar difoto kemudian dilakukan validasi data dan konfirmasi untuk penilangan.

“[Hingga Rabu] sudah ada 694 pelanggaran, sebagian besar pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm, sejumlah 521 orang,” ujarnya, Kamis (6/10/2022).

Selain pelanggaran pengendara sepeda motor, pelanggaran lain yang cukup banyak yakni pengemudi mobil yang tidak menggunakan sabuk pengaman (safety belt). Berdasarkan data Satlantas, ada 46 kasus pelanggaran jenis tersebut.

Anggoro mengimbau kepada masyarakat agar selalu taat peraturan lalu lintas, baik pada saat ada Operasi Zebra Candi maupun pada hari-hari biasa. Hal ini bertujuan demi keselamatan diri maupun keselamatan orang lain.

Seperti diberitakan, selama 14 hari sejak 3 Oktober hingga 16 Oktober 2022, Polres Karanganyar menggelar Operasi Zebra Candi 2022. Polres akan fokus pada penegakan hukum tujuh pelanggaran.

Pertama adalah pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang menggunakan ponsel saat berkendara. Kedua pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang masih di bawah umur. Ketiga pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang. Keempat, pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI) dan pengemudi yang tidak menggunakan sabuk pengaman.

Kelima adalah pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor dalam pengaruh atau mengkonsumsi alkohol. Keenam pengemudi atau pengendara sepeda motor yang melawan arus lalu lintas. Ketujuh, pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang melebihi batas kecepatan.

Penindakan akan dilakukan menggunakan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) baik melalui kamera statis maupun kamera bergerak yang dibawa oleh petugas.

Untuk memulai kegiatan ini, Polres Karanganyar menggelar apel gelar pasukan di Lapangan Wirasatya, Senin (3/10/2022) yang dipimpin Kapolres Karanganyar AKBP Danang Kuswoyo.

Apel diikuti oleh pejabat utama polres, Kapolsek dan perwira, satu pleton Kodim 0727 Karanganyar, staf polres, Satlantas, Dinas Perhubungan (Dishub), dan Satpol PP Karanganyar.

Kapolres mengatakan, Operasi Zebra Candi 2022 dilaksanakan untuk membangun budaya masyarakat yang patuh dan tertib dalam berlalu lintas dan diharapkan mampu menurunkan angka kecelakaan yang terjadi di jalan raya.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Solopos Hari Ini: Siaran Analog Berhenti, STB Dicari

      Penghentian siaran televisi bersistem analog di wilayah Soloraya membuat set top box (STB) diburu.

      Beli Rp10.000 Dapat 1 Paket Sembako di Pasar Murah Sragen

      Program pasar murah dan kegiatan padat karya tersebut sengaja digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen sebagai amanat Peraturan Menteri Keuangan (PMK) untuk antisipasi dampak inflasi akibat kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

      Wali Kota Gibran Pastikan Tak Libatkan Seniman Ibu Kota untuk Nikahan Kaesang

      Gibran mengklaim semua seniman Solo mulai, antara lain, musik dan tari-tarian ada. Informasi lengkap tentang panggung hiburan akan dilakukan dengan jumpa pers pekan ini.

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 5 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Senin (5/12/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 5 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Senin (5/12/2022), bisa disimak di sini.

      Keluarga Presiden Bagikan Makanan bagi Penonton Kirab Nikah Kaesang di CFD Solo

      Keluarga Presiden Jokowi akan membagikan makanan dan suvenir saat kirab pernikahan Kaesang-Erina.

      Pilkades Antarwaktu di 2 Desa di Bulu Sukoharjo Kondusif, Ini Hasilnya

      Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sukoharjo Sigit Nugroho mengatakan pada 2022 pemilihan Kades Pengganti Antarwaktu telah digelar selama tiga kali.

      Inilah 15 Lokasi Parkir Mobil Tamu Undangan Pernikahan Kaesang-Erina di Solo

      Panitia menyiapkan 15 kantong parkir mobil tamu undangan saat pernikahan Kaesang-Erina di Solo.

      Ratusan Kamera CCTV Solo Smart City Awasi Potensi Gangguan Saat Nikahan Kaesang

      Petugas keamanan akan dibantu ratusan kamera CCTV Solo Smart City untuk mendukung pengamanan pelaksanaan pernikahan Kaesang-Erina di Solo.

      Kisah Pendiri Sardi Elektro di Boyolali, Penyandang Disabilitas Daksa Mandiri

      Penyandang disabilitas daksa di Boyolali, Sardi, berhasil mengajak para penyandang difabel untuk berkarya di bidang servis elektro.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Senin Ini: Hujan Lebat Siang

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Senin 5 Desember 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 5 Desember 2022, Hujan Petir

      Informasi mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini, Senin (5/12/2022), bisa Anda baca pada artikel ini.

      Puluhan Ribu Orang akan Mangayubagyo Tasyakuran Pernikahan Kaesang di Solo

      Polda Jateng memastikan tidak ada penutupan jalan selama pelaksanaan pernikahan Kaesang-Erina yang diperkirakan akan dihaadiri puluhan ribu orang.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 5 Desember 2022, Hujan Sedang

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Senin (5/12/2022), bisa Anda simak di sini.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Senin Ini: Cerah Berawan Pagi, Gerimis Malam

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Senin 5 Desember 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Laris! Televisi Layar Besar Diburu saat Pameran Candi Elektronik di Solo Square

      Candi Elektronik kembali menggelar Candi Vaganza Exhibition 2022 bertabur promo dan hadiah menarik pada Jumat (25/11/2022) hingga Minggu (4/12/2022) di Atrium Solo Square Mall.