SOLOPOS.COM - Caps : Suasana arus lalu lintas di dalam kota Kendal saat penerapan one way nasional di H+3 Lebaran atau Sabtu (13/4/2024) sore. (Solopos.com/Adhik Kurniawan).

Solopos.com, KENDAL – Pemudik yang kembali ke arah Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang dan Bekasi (Jabodetabek) mulai melintas di sepanjang jalur pantai utara (Pantura) Kabupaten Kendal, Jawa Tengah (Jateng), saat penerapan sistem satu arah atau one way nasional pada arus balik di H+3 Lebaran atau Sabtu (13/4/2024).

Kendati demikian, arus lalu lintas di dalam kota masih lenggang atau belum ada kepadatan sampai Sabtu sore ini.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Pantauan Solopos.com, sejumlah pemudik, baik menggunakan sepeda motor hingga mobil pribadi dengan pelat nomor B, F, dan D mulai sering melintas di jalur Pantura Kendal. Meski demikian, arus lalu lintas masih terpantau lancar atau tidak terjadi kemacetan.

Adapun di jalur sebaliknya, arus lalu lintas juga terpantau normal. Mayoritas kendaraan yang melintas masih didominasi oleh kendaraan pribadi warga lokal yang melakukan perjalan silaturahmi dan wisata.

Salah seorang warga lokal, Devi, membenarkan bila mulai banyak pemudik yang melintasi jalur Pantura Kendal. Meski demikian, selama perjalanan ia mengaku arus lalu lintas masih normal.

“Iya, tadi pas perjalanan dari Kendal Kota ke Weleri memang sering seliweran [lewat] pemudik pelat luar Kendal. Tapi masih lancar sih [arusnya],” kata Devi saat berbincang dengan Solopos.com, Sabtu (13/4/2024) sore.

Sementara itu, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Stefanus Bayu Setianto, mengatakan puncak arus balik diprediksi terjadi pada Sabtu dan Minggu (13-14/4/2024). Guna menghindari kemacetan, pihaknya mengimbau masyarakat yang akan kembali untuk mengatur jadwal kepulangan.

“Persiapkan diri dan kendaraan dengan baik. [Untuk yang lewat tol] Pastikan kartu tol terisi cukup agar tidak terjadi kemacetan di gerbang tol,” imbau Kombes Pol Satake.

Terkait masyarakat yang pulang dengan kendaraan travel, dirinya meminta agar masyarakat selektif dalam memilih kendaraan dan pengemudi. Pengemudi juga dianjurkan tidak menyetir terlalu lama untuk menghindari berkendara dalam kondisi mengantuk akibat kelelahan.

“Pilih kendaraan yang fit dan sopir yang bugar untuk menghindari resiko kecelakaan akibat kelelahan. Ingatkan sopir untuk istirahat setelah empat jam berkendara. Silahkan gunakan pos polisi yang tersebar sepanjang jalur untuk beristirahat sejenak bila lelah,” pesannya.

Sebagai informasi, pemerintah resmi menerapkan sistem one way atau satu arah di tol Trans Jawa mulai dari Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jawa Tengah menuju GT Cikampek Utama pada Sabtu (13/4/2024) pukul 15.00 WIB atau H+3 Lebaran guna melancarkan arus balik.

Oleh sebab itu, pemudik bisa memanfaatkan rest area di sepanjang jalan dan jika penuh maka pemudik bisa keluar tol terlebih dahulu untuk beristirahat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya