Sejumlah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia berunjuk rasa di depan Gedung DPR, Jakarta, Selasa (24/9/2019). (Antara - Muhammad Adimaja)

Solopos.com, JAKARTA -- Meski mahasiswa diminta agar tidak melakukan aksi demonstrasi menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, aksi besar-besaran akan dilakukan pada Kamis (17/10/2019) besok. Seruan aksi itu dilancarkan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) se-Jabodetabek dan Banten.

Dalam unggahan di akun Instagram @bem_si, Rabu (16/10/2019), BEM se-Jabodetabek-Banten menyerukan aksi dengan tagar #tuntaskanreformasi. Aksi akan berlangsung dari kawasan Patung Kuda menuju Istana Negara mulai Kamis siang pukul 13.00 WIB.

Mereka menuntut Presiden Jokowi agar menerbitkan Perppu KPK untuk menggantikan UU KPK hasil revisi yang kontroversial itu. Pencabutan UU KPK hasil revisi masih menjadi tuntutan mahasiswa dan kelompok prodemokrasi lantaran Presiden masih punya kesempatan untuk melakukan sesuatu.

Sementara itu, belum ada tanda-tanda Presiden Jokowi akan menerbitkan Perppu KPK dalam waktu dekat. Terlebih sejumlah politikus pendukung pemerintah meminta Presiden untuk tidak menerbitan Perppu.

Baca juga: Pelajar dan Mahasiswa Diancam Karena Demo: DO Sampai Intimidasi Seksual.

Berikut seruan aksi tersebut seperti dirilis dalam akun Instagram @bem_si:

[SERUAN AKSI BEM Se- Jabodetabek - Banten]
[Desak PERPPU KPK]

#TUNTASKANREFORMASI

Arus gerakan besar mahasiswa dan masyarakat terus menerus bergaung dan bergema di setiap sudut nusantara.
Semua mendesak pemerintah untuk menghentikan berbagai hal buruk yang terjadi di negeri tercinta ini.

Semangat reformasi, sejak 20 tahun lalu, menghendaki adanya pemberantasan korupsi. Dan berdirinya KPK, menjadi salah satu bukti kehendak yang kuat untuk membasmi korupsi di negeri ini.

Tetapi, semangat reformasi kembali tergores, ketika DPR, dengan sewenang-wenang, mengesahkan RUU KPK hampir sebulan yang lalu. Semangat Reformasi akhirnya dikorupsi.

Kini, satu-satunya harapan, ada pada sikap Presiden. Penetapan PERPPU untuk menarik RUU KPK menjadi tuntutan yang bergema di mana-mana. Presiden sampai hari ini belum menunjukkan sikap jelasnya. Baca juga: Jokowi Menghindar Ditanya Kapan Terbitkan Perppu KPK.

Saatnya kita kembali turun kejalan!
Reformasi masih harus dituntaskan!
Maka, aliansi BEM SI Wilayah Sejabodetabek - Banten kembali mengundang nurani seluruh mahasiswa dan masyarakat untuk bersatu dan melawan bersama kembali turun aksi yang akan dilaksanakan pada: .
.
Tanggal : Kamis, 17 Oktober 2019
Pukul : 13.00 WIB
Lokasi : Patung Kuda - Istana Negara
DC : Almamater

Mari datang, suarakan, perjuangkan! Kita tidak ingin akhir cerita ini dimenangkan oleh para Tikus Berdasi!
Hidup Mahasiswa.!
Hidup Rakyat Indonesia.!.
.
_______________
Tertanda,
Koordinator Wilayah BEM Se-Jabodetabek Banten
Muhamad Abdul Basit (081284844581)


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten