SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SLEMAN—Jelang H-3 Idul Fitri 1432, kendaran pribadi yang ke luar masuk Jogja mengalami peningkatan drastis di Pospam Prambanan. Jalur lalu lintas mudik didominasi kendaraan roda dua dan mobil pribadi, Sabtu (27/8).

Kepala Pospam Prambanan, AKP Surahman mengatakan arus lalu lintas sudah mulai meningkat drastis, khususnya kendaraan pribadi. Sementara untuk kendaraan umum AKAP dan AKDP sudah mengalami peningkatan jumlah penumpang sejak H-5 lalu.

Promosi Selamat Datang Kesatria Bengawan Solo, Kembalikan Kedigdayaan Bhineka Solo

Peningkatan volumen kendaraan pribadi diperkiraan mencapai 25% pada H-3 ini. “Kami mengira hari ini, Sabtu (27/8), adalah awal peningkatan arus mudik untuk kendaraan pribadi. Dan kemungkinan tahun ini jumlah pemudik dengan kendaraan umum sedikit berkurang,” tambah AKP Surahman ketika ditemui Harian Jogja.

AKP Surahman memprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada Minggu (28/8). Meski sudah terlihat antrian kendaraan masuk ke Jogja namun masih bisa dikendalikan.

Pos pemantau lalu lintas Dishubkominfo DIY di Prambanan Sleman mencatat kendaraan yang ke luar dari Jogja mengalami peningkatan drastis. Menurut petugas Pos Dishubkominfo Baskoro mengatakan meningkatnya kendaraan sudah terlihat sejak H-7 lebaran.

“Kendaraan yang ke luar Jogja didominasi sepeda motor dan kendaraan pribadi. Kebanyakan dari mereka terlihat bukan dari Jogja namun hanya melintasi Jogja saja. Hari ini volume bus umum AKAP masih relatif sama hari H-7 dan belum terjadi peningkatan,” kata Baskoro.

Puncak arus mudik ini masih terus meningkat dan diprediksi akan terjadi lonjakan yang signifikan pada H-2 lebaran. Ia memprediksi lonjakan kendaraan bisa mencapai 30 ribu sepeda motor dan lima ribua mobil pribadi yang melintasi Pospam Prambanan.

Sedangkan puncak arus balik diperkirakan H+3. Posko pantauan arum mudik ini sudah dibuka sejak 23 Agustus 2011 hingga 7 September 2011. (HARIAN JOGJA/Joko Nugroho)

Foto : Suasana arus lalu lintas di sekitar pertigaan Bandara Adisucipto, Jalan Solo, Sabtu (27/8) (HARIAN JOGJA/Joko Nugroho)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya