SOLOPOS.COM - SOLOPOS.COM – Pedagang ayam menunggu pembeli di Pasar Raya Salatiga, Rabu (19/4/2023). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA — Memasuki H-2 Lebaran 2023, harga daging ayam di Pasar Raya I Kota Salatiga mengalami kenaikan sekitar Rp3.000.

Saat ini para pedagang menjual daging ayam yang sebelumnya hanya Rp28.000 sekarang menjadi Rp31.000 per kilogram.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Naiknya harga tersebut mulai terjadi pada tiga hari lalu dan diprediksi bakal terus meningkat sampau hari H Lebaran dan setelahnya.

Pedagang ayam potong Pasar Raya I Kota Salatiga, Sugiyarti, mengatakan harga yang kian meningkat ini disebabkan permintaan pasar yang juga meningkat.

“Menjelang lebaran sekarang harga daging ayam naik semua,” kata Sugiyarti, Rabu (19/4/2023). Menurutnya naiknya harga ayam potong ini dirasakan sekitar tiga hari yang lalu.

Sugiyarti menyebut para pembeli daging ayam mayoritas digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, selain menjalankan tradisi menjelang Lebaran.

“Biasanya untuk hajatan, mengirim doa, pokoknya digunakan untuk memenuhi tradisi orang Jawa,” jelasnya.

Kendati harganya naik, namun jumlah pembeli juga mengalami peningkatan dibandingkan hari-hari biasa. “Kalau hari biasa, pelanggan hanya beli satu kilogram, sekarang belinya lima kilogram, meningkat 5 kali lipat. Saya juga bisa jual sampai 100 kilogram per hari,” paparnya.

Kenaikan harga ayam dikeluhkan oleh seorang pembeli Sunaji. Menurut Sunaji, kenaikan harga ayam cukup membebani keuangannya, terlebih menjelang Lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya