SOLOPOS.COM - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 dan Forkompincam Sidoharjo saat melakukan sosialisasi penutupan sementara Pasar Sidoharjo, Senin (9/11/2020). (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI — Sebagian besar pedagang di Pasar Sidoharjo, Wonogiri, sudah mulai tak berjualan satu hari sebelum pasar resmi ditutup karena ada tujuh pedagang yang dinyatakan Covid-19, Senin (9/11/2020).

Berdasarkan Surat Edaran Plt Bupati Wonogiri tentang penutupan sementara operasional pedagang pasar dan terminal Sidoharjo, kedua tempat resmi ditutup mulai Selasa (10/11/2020) hingga Kamis (12/11/2020).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dipatuk Kobra Jawa, Kaki Bocah 6 Tahun Asal Grobogan Malah Bengkak Setelah Diobati Dukun

Camat Sidoharjo, Sarosa, mengatakan pada Senin hanya sebagian kecil saja pedagang yang masih berjualan. Sebagian pedagang ada pula yang sedang mengemasi barang dagangannya.

“Hari ini kan para pedagang menjalani tes swab di kantor Kecamatan Sidoharjo. Karena pelaksanaan itu, dimungkinkan para pedagang tidak membuka kiosnya. Sehingga pada Minggu [8/11/2020], barang dagangan sudah dikemasi,” kata dia saat dihubungi Solopos.com, Senin.

Pada Minggu dan Senin, lanjut dia, Forkompincam Sidoharjo bersama dengan TNI-Polri, BPBD, Satpol PP Wonogiri dan unsur terkait lainnya telah melakukan sosialisasi terkait penutupan sementara pasar.

Posko

Sarosa mengatakan, saat ini di depan Pasar Sidoharjo telah berdiri posko yang diinisiasi oleh BPBD Wonogiri. Salah satu fungsi posko tersebut untuk melakukan pengawasan terhadap pedagang. Dikhawatirkan ada pedagang yang nekat berjualan saat pasar ditutup.

Posko tersebut dijaga petugas selama 24 jam. “Yang kami awasi betul yakni para pedagang dari luar Wonogiri yang datang pada dini hari, sekitar pukul 01.00 WIB atau 02.00 WIB. Biasanya pedagang sayur. Maka pada malan dan dini hari juga tetap diawasi,” ungkap Sarosa.

Kisah Mbah Ratinem: 4 Kali Mengungsi Gegara Erupsi Merapi, Tahun Ini Beda Banget

Pada Selasa pagi, kata Sarosa, akan dilakukan apel bersama di Pasar Sidoharjo. Setelah apel akan dilanjutkan dengan penyemprotan desinfektan ke seluruh area pasar dan terminal. Sementara itu, kios atau toko yang berdekatan dengan pasar atau di luar pasar diperintahkan untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Pasar kan tutup sementara. Dimungkinkan warga mencari kebutuhan di toko atau kios di luar pasar. Sehingga tiga hari ke depan kami juga akan mengawasi sektor tersebut terkait protokol kesehatannya,” ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya